APLIKASI LOGIKA FUZZY UNTUK PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELUARGA MISKIN DI KOTA YOGYAKARTA

Afiat Triyuniarta, Sri Winiarti, Ardi Pujiyanta

Abstract


Kemiskinan merupakan masalah penting yang harus ditanggulangi oleh pemerintah. Pemerintah bertanggung jawab dalam pengembangan sumber daya manusia yang bertujuan menyejahterakan rakyat dan mengentaskan kemiskinan telah melakukan berbagai upaya penanggulangan kemiskinan dan upaya untuk mengatasi masalah ekonomi yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat. Berbagai program dari intervensi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam upaya penanggulangan kemiskinan memang telah banyak, tetapi berbagai bantuan yang sampai di tangan rakyat tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebut disebabkan karena penentuan keluarga miskin yang belum optimal sehingga pemerintah dalam memberikan bantuan kemiskinan masih belum sesuai dengan realita yang ada. Tujuan penelitian ini adalah membuat perangkat lunak Sistem Pendukung Keputusan (SPK) sehingga dapat menjadi alat bantu bagi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal pengambilan keputusan penentuan keluarga miskin. Subjek penelitian ini adalah membuat program aplikasi logika fuzzy untuk pendukung keputusan penentuan keluarga miskin di Kota Yogyakarta Penelitian ini menggunakan model prototyping yang meliputi mendengar kebutuhan user, membuat suatu rancangan secara urut dimulai dari spesifikasi kebutuhan user, pemodelan proses, pemodelan data serta mengujikan hasil implementasi kepada user dan metode logika fuzzy yang dipakai adalah basis data fuzzy model Tahani. Sistem dibangun dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 serta database dengan Microsoft Access 2003. Hasil penelitian ini berupa perangkat lunak aplikasi logika fuzzy untuk pendukung keputusan penentuan keluarga miskin di Kota Yogyakarta yang telah melalui pengujian black box dan alpha test yang hasilnya dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dinyatakan baik.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


BPS, 2007, Pengajuan Data Keluarga Miskin Tahun 2007, CV. Matra Mandiri, Yogyakarta.

BPS, 2007, Sensus Penduduk Kota Yogyakarta Tahun 2005-2007, BPS Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

Daihani, U.D., 2001, Komputerisasi Pengambilan Keputusan, P.T Elex Media Komputindo, Jakarta.

DinKeSos, 2007, Laporan Data Keluarga Miskin Kota Yogyakarta, DinKeSos Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

Hartanti, M, 2006, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin Menggunakan Kriteria Bayes, Tugas Akhir S1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

KPK., 2007, Seminar Penanggulangan Kemiskinan Kota Yogyakarta, KPK (Komite Penanggulangan Kemiskinan) Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

Kusumadewi, S, 2006, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Melaren, J.F., 1996, Sistem Informasi Manajemen Jilid 1 Terjemahan Hendra Teguh. Prenhelindo Jakarta.

Nugroho, E, 2006, Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Dana Kompensasi BBM Berupa Bantuan Langsung Tunai Dengan Metode Hierarchy Process (AHP), Tugas Akhir S1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Pujiyono, Wahyu., 2004, Diktat Kuliah Basis Data, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Suryadi, K dan Ramdhani, M.a., 1998, Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealis dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan, Cetakan Pertama . PT Remaja Bandung.

Tarmuji, Ali, 2006, Diktat Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Walikota, 2007, Rencana Aksi Daerah Penanggulangan Kemiskinan Dan Pengangguran, Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 616/KEP/2007, Yogyakarta.

www.jogjakota.go.id/index/agendapengentasankemiskinan

http://geocities.com, Sistem Pendukung Keputusan Metode Fuzzy logic

http:// idwikipedia.org/logikafuzzy-artikel

http://Ilmukomputer.com/DatabaseManagementSistem

http://library.gunadarma.ac.id, Pengantar Sistem Pendukung Keputusan(DSS)

http://tourism.jogja.go.id/index/extra.detail


Refbacks

  • There are currently no refbacks.