PERANCANGAN APLIKASI ONLINE MENGGUNAKAN BASIS DATA FUZZY UNTUK MENENTUKAN TOPOLOGI DAERAH PERTANIAN DAN JENIS TANAMAN PERTANIAN

Hafsah Hafsah, wilis Kaswidjanti

Abstract


Salah satu faktor kunci dalam menciptakan pemerataan pembangunan atau pengembangan wilayah yang tepat guna dan tepat hasil salah satunya adalah faktor pertanian. Sedangkan untuk mengetahui kelayakan suatu daerah pertanian atau jenis tanaman pertanian dapat dilakukan dengan mengadakan sebuah penilaian kelayakan atau cocok tidaknya suatu daerah dengan tanaman yang bisa tumbuh atau hidup di daerah tersebut. Metode yang digunakan dalam perancangan perangkat lunak ini adalah metode waterfall. Sistem ini menerima input berupa data tanaman dan data daerah. Sedangkan output dari sistem ini berupa kelayakan jenis tanaman dan daerah pertanian yang sesuai untuk hidup didaerah tertentu dengan menggunakan basis data fuzzy. Dengan adanya perangkat lunak ini akan lebih mempermudah Dinas Pertanian dan Instansi lainnya dalam memantau maupun mendapatkan informasi tentang pertanian baik daerah maupun jenis tanaman pertanian.


References


Andi,2005, Microsoft Access 2003,Wahana Komputer,Semarang.

Croom, Fred , 1997, Principles Of Topolog, The University of the South.

Djaenudin, D., Marwan, H., Subagyo, H., Mulyani, A., & Suharta, N.,2000, Kriteria Kesesuaian Lahan untuk Komoditas Pertanian, Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Bogor.

Fathansyah, Ir ,1999, Basis Data, Informatika, Bandung.

Harpiandi, 2003, Visual Basic 6.0, Elex Media Komputindo,Jakarta.

Kadir, A., 1999, Konsep Dan Tuntunan Praktis Basis Data, Andi Ofset, Yogyakarta.

Kristanto, H., 1996, Konsep dan Perancangan Database, Andi Ofset, Yogyakarta.

Kusumadewi, S, 2004, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Pressman, S.R., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), Andi Ofset, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.