ANALISIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS STATISTIK LOGISTIK BINER DALAM UPAYA PENGENDALIAN EKSPANSI LAHAN TERBANGUN KOTA YOGYAKARTA

Robiatul Udkhiyah, Gerry Kristian, Chaidir Arsyan Adlan

Abstract


Pertambahan penduduk Kota Yogyakarta terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010, jumlah penduduk Kota Yogyakarta 3. 457. 491 jiwa, dengan kepadatan penduduk sebesar 1.085,28 jiwa/km2. Pertambahan penduduk yang semakin meningkat akan mendorong kegiatan sosial ekonomi di daerah Kota Yogyakarta yang selanjutnya menjadi pendorong utama dalam perubahan penggunaan lahan untuk memenuhi kebutuhan kegiatan tersebut. Pola perubahan penggunaan lahan tersebut dapat diprediksi dari beberapa faktor seperti adanya Central Business District (CBD), jalan (jalan utama, jalan lokal, jalan lain), dan sungai (Susilo, 2006). Perubahan penggunaan lahan yang tidak terkontrol akan berpengaruh pada penurunan kualitas lingkungan, seperti berkurangnya ketersediaan air tanah. Oleh karena itu, perlu diketahui pola dan arah perubahan penggunaan lahan sebagai dasar untuk perencanaan penggunaan lahan yang lebih terkontrol. Perubahan penggunaan lahan Kota Yogyakarta dapat dianalisis dari data Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis. Citra ALOS dengan resolusi spasial 10 meter yang menunjukan penggunaan lahan existing dan Peta Rupabumi Kota Yogyakarta tahun 1996 dibandingkan untuk mengetahui perubahan penggunaan lahan yang ada. Analisis Sistem Informasi Geografis metode statistic logistic biner akan menghasilkan nilai biner 0 dan 1. Nilai 0 menunjukan tidak adanya perubahan lahan ke arah lahan terbangun, sedangkan nilai 1 menunjukan adanya perubahan lahan ke arah lahan terbangun. Overlay perubahan penggunaan lahan dengan hasil buffer terhadap faktor perubahan penggunaan lahan (jarak terhadap CBD, jalan, dan sungai) menghasilkan tingkat nilai probabilitas prediksi perubahan penggunaan lahan. Terbukti bahwa data penginderaan jauh dan analisis sistem informasi geografis dapat digunakan untuk measurement, mapping, monitoring dan modelling pemanfaatan lahan di Kota Yogyakarta.


References


Bintarto, R, 1983, Interaksi Desa Kota dan Permasalahan, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kiefer, Ralph W, 2004, Remote Sensing and Image Interpretation, USA: John Willey and Sons. Inc.

Susilo, Bowo, 2008, Model SIG-Binary Logistic Regression Untuk Prediksi Perubahan Penggunaan Lahan (Studi Kasus Di Daerah Pinggiran Kota Yogyakarta), Bandung: ITB.

Rachmawati, R, 2003, Transformasi Spasial, Ekonomi dan Sosial di Daerah Perdesaan Pinggiran Kota: Studi Kasus Pada Kawasan Sekitar Kampus UII, Kabupaten Sleman, Makalah Seminar Geografi Perdesaan: Purna Tugas Prof. A.J. Suhardjo, Yogyakarta: Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada.

Yunus, Hadi Sabari, 2007, Dinamika Wilayah Peri-urban Determinan Masa Depan Kota, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.