PERBANDINGAN CROSS-PRODUCT DAN SUBSET QUERY PADA MULTIPLE RELASI DENGAN METODE COST-BASED

Metta Santipurti, Mira Chandra Kirana, Anni Anni

Abstract


Ada beberapa model query yang digunakan untuk mengakses data pada 2 tabel atau lebih dalam basis data relasi. Dua model query yang umum antara lain adalah cross product dan subset query, dimana kedua model ini dapat menghasilkan data yang sama. Namun perlu diperhatikan cara mana yang lebih optimal sehingga pada akhirnya didapatkan query dengan waktu akses yang paling minimum. Dengan menggunakan basis data Oracle 10g Express Edition akan dilakukan penelitian untuk mencari model query yang lebih optimal dengan metode cost-based. Parameter yang akan dibandingkan adalah harga/biaya dan waktu yang dihasilkan pada perencanaan eksekusi. Penelitian dilakukan dengan pengelompokkan uji data seperti jumlah data, jumlah relasi, akses tabel penuh atau sebagian dan pengindeksan.


References


Kusrini, S. Kom., Optimasi Query Untuk Pencarian Data dengan Subset Query, Bandung, 2006.

Setiawan, M.A., Optimasi SQL Query untuk Informasi Retrievel pada Aplikasi Berbasis Web Proceedings Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi UII, Yogyakarta, 2004.

Immanuel Chan, Oracle Database Performance Tuning Guide, 10g Release 2 (10.2), Redwood City, CA, Maret 2008, pp. 379-403.

Tom Best dan M.J. Billings, Oracle Database 10g: Administration Workshop I, Electronic Presentation, Redwood Shores, California USA, November 2005, pp. 41-42.

Sandra Cheevers, Oracle Database Product Familiy, An Oracle White Paper, Redwood Shores, CA USA, Agustus 2006, pp 3-4.

Sagi Arsyad, Pengenalan .NET dan C#, Microsoft Innovation Center, Universitas Indonesia, Jakarta, 2008.

Aris A.b, Optimisasi Query Pada Sistem Database Paralel, (2008 September 20). Tersedia: http://xuyas.wordpress.com

Richard Foote, OPTIMIZER_INDEKS_CACHING Parameter, (2009 September 1). Tersedia: http://richardfoote.wordpress.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.