SIMULASI KESESUAIAN MODEL PAKAIAN WANITA MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA INTERAKTIF

S Nurmuslimah, Mochammad Hariadi, M. Hery Purnomo

Abstract


Pakaian merupakan kebutuhan penting yang melekat pada diri seseorang.Pakaian memiliki corak dan komposisi yang berbeda tergantung dari situasi dimana seseorang menggunakannya.Untuk itu,seseorang harus cermat dalam memilih dan mengkombinasikan warna dan model-model pakaian yang akan dikenakannya.Tetapi hal itu tidak mudah sekali dilakukan oleh orang awam yang tidak tahu-menahu tentang desain.Walaupun dewasa ini, butik menjadi pusat tujuan untuk memilih dan membeli pakaian dengan desain dan kualitas yang bagus.Tetapi tidak semua orang dapat memanfaatkan fungsionalis dari butik tersebut.Hanya orang dengan tingkat perekonomian menengah keataslah yang mampu memanfaatkan fungsi dari sebuah butik,berbeda dengan masayarakat ekonomi menengah kebawah. Di dalam sistem fashion design bahwa komponen pakaian secara utuh tersusun atas tiga bagian diantaranya adalah Silhoutte merupakan tampilan sketsa garis-garis awal yang mengekspresikan karakteristik dari sebuah pakaian, Detail merupakan susunan yang membagi beberapa bagian dari Silhoutte yang termasuk didalamnya kerah,lengan dll dan Trimming merupakan golongan khas dari penyelesaian aksesoris dan corak Oleh karena beberapa alasan diatas ,maka saya memanfaatkan algoritma genetika interaktif,sehingga dapat membantu seseorang dalam hal ini terutama seorang wanita sebagai user dalam memilih model-model pakaian sesuai dengan tingkat kepuasan dan ketertarikan user terhadap model pakaian yang ditampilkan sistem. Dan diharapkan user tidak banyak membuang waktu dan biaya karena harus ke butik. Sistem ini terfokus pada elemen Detail yang meliputi kerah,lengan,dll, dimana pada komponen tersebut dimodelkan dalam objek 2D.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achmad Basuki.2003., Algoritma Genetika Suatu Alternatif Penyelesain Permasalahan Searching , Optimasi dan Machine Learning. Modul ajar,Politeknik Elektronika Negeri Surabaya-PENS-ITS. Hal. 20-56

D.Gong,Y.Zhou dan T.Li,2005.,Coorperative Interactive Genetic Algorithm Based on User's Preference, International Journal of Information Technology, Vol.7, No 10.

Hee-Su Kim and Shung-Bae Cho,2002., Application of Interactive Genetic Algorithm to Fashion Design, Proc. IEEE,pp.2-9.

Maiko SUGAHARA Mitsunori MIKI and Tomoyuki HIROYAU,2009., Design of Japanese Kimono (Yukata) using an Interactive Genetic Algorithm

Philippe, Dan Julius, Jamie W, Laurence, Alla S, Marie P, Virtual Garments: A Fully Geometric Approach for Clothing Design.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.