PERANCANGAN ARSITEKTUR INFORMASI UNTUK MENDUKUNG KEBERLANGSUNGAN PROSES BISNIS ENTERPRISE WIDE

Ade Yuliana, Aradea Aradea, Hidayatullah Himawan

Abstract


Dalam menjalankan proses bisnisnya, sebuah organisasi membentuk struktur organisasi yang menggambarkan keseluruhan bisnis unit organisasi untuk menjalankan fungsi bisnis dan berkoordinasi dalam pencapaian tujuan organisasi. Namun dalam penerapannya terkadang kurang memiliki daya ikat atau koordinasi yang jelas antar bisnis unit serta antar fungsi-fungsinya karena berbagai macam kepentingan. Egosentris lokal pada masing-masing fungsi dalam bisnis unit berpengaruh pada kinerja dan interaksi antara sistem informasi pada masing-masing unit dan fungsi, mengakibatkan integrasi data pun tidak maksimal dan sistem informasi yang dikembangkan tidak optimal. Selain hal tersebut, perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan sistem itu misalnya pertumbuhan organisasi, persaingan, untuk meraih kesempatan dan hal lainnya dapat mempengaruhi kinerja dari sistem informasi. Dalam hal ini sistem informasi harus dapat mengakomodasi segala bentuk perubahan yang terjadi di dalam organisasi, sehingga proses bisnis dari organisasi dapat tetap berjalan sesuai dengan fungsinya. Makalah ini akan membahas tentang perancangan suatu arsitektur informasi yang terintegrasi berdasarkan keterkaitan masing-masing fungsi dalam organisasi, dengan pandangan bahwa suatu sistem informasi merupakan satu kesatuan komponen- komponen dasar yang memilki karakteristik yang sama dan tidak terpisah. Setiap komponen dasar tersebut didefinisikan dan dianalisis keterkaitan fungsinya, sehingga dapat mengatasi setiap permasalahan yang timbul dalam organisasi, serta dapat mengakomodasi perubahanperubahan yang terjadi. Model yang dibangun ini diharapakan dapat menjadi pedoman saat dilakukan pengembangan sistem informasi dimasa mendatang. Untuk melengkapi kajian dari penelitian, pada makalah ini dilengkapi dengan pembahasan studi kasus di sebuah instansi pemerintah.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


C. Hay David , 2002. Requirements Analysis: From Business Views to Architecture, Prentice Hall PTR, August 23, 2002

Davis Jim, Miller G. J., Russell A, 2006. Information Revolution-Using Information Evolution Model to Grow Your Business, John Wiley and Sons Inc.

Setiawan E. B. 2009. Pemilihan EA Framework. Prosiding SNATI, 2009, ISSN: 1907-5022.

Surendro K. Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning Untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi Jurnal Informatika Vol. 8, No. 1, Mei 2007: 1 - 9

IBM, Business System Planning: Information Systems Planning Guide, 1981.

Permatasari D. S. 2007. Perancangan Arsitektur Data dan Informasi untuk Mendukung Pengembangan Sistem Informasi di Institusi Pendidikan Tinggi. Tesis Magister Informatika, ITB.

C.O. Rourke, N. Fishman. 2003. Enterprise Architecture Using the Zachman Framework, Course Technology, Thomson Learning, Inc.

Suwardi Iping S, Permatasari D.S. 2007. New Integration Model of Information System on Higher Education Institution. Proceedings of the International Conference on Electrical Engineering and Informatics ,ITB.

Spewak, S.H. (2002). Enterprise Architecture Planning: Developing a Blueprint for Data, Applications and Technology. John Wiley & Sons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.