PENGARUH KEMATANGAN, KINERJA DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERGURUAN TINGGI SWASTA YOGYAKARTA DENGAN MODEL COBIT FRAMEWORK

Alexander Setiawan

Abstract


Kemanfaatan dan kepuasan pemakai telah digunakan secara luas sebagai tolok ukur keberhasilan suatu teknologi informasi. Dua variabel tersebut terutama untuk mengukur keberhasilan dalam penelitian tentang End-User Computing atau EUC. Untuk mengukur keberhasilan suatu teknologi informasi, kemanfaatan merupakan ukuran terbaik yang lebih obyektif dan mudah dikuantifikasi. Penelitian yang menggunakan kemanfaatan sebagai ukuran keberhasilan teknologi informasi merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kepuasan pemakai. Evaluasi terhadap implementasi teknologi informasi dengan menggunakan Model COBIT Framework sangat berguna baik bagi pengguna, pengembang teknologi informasi maupun para pengelola, hal ini perlu dilakukan agar manajemen Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta dapat melakukan perbaikan-perbaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta berdasarkan penerapan teknologi informasi. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui sumbangan penerapan teknologi informasi, serta untuk mengetahui kemanfaatan dan penerapan teknologi informasi pada Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta. Hasil evaluasi dari penelitian yang menggunakan sampel 50 Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta ini menunjukkan bahwa tingkat maturity Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta sebagian besar sudah baik yaitu di atas skala 3 (defined). Pengukuran terhadap Dimensi Kualitas Pelayanan merupakan implementasi teknologi informasi yang efektif. Berdasarkan rekapitulasi 85,44% proses kematangan teknologi informasi Perguruan Tinggi Swasta Yogyakarta terletak pada range 3,25 – 5,00 dari skala COBIT Framework.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Astuti, Sri. Ketidakaslian Tugas sebagai Variabel Moderating Terhadap Hubungan antara Kemanfaatan Teknologi Informasi dan Kepuasan Pemakai pada END User Company. Tesis. Yogyakarta: Universitas

Gadjah Mada. 2001.

COBIT Steering Committee and the IT Governance Institute. Implementation Toolset. USA: IT Governance Institute. 2000.

COBIT Steering Committee and the IT Governance Institute. COBIT 4.1. USA: IT Governance Institute. 2004.

McLeod, Raymond. Management Information Systems. 9th Edition, New Jersey : Prentice Hall, Inc. 2006.

Min Choe, Jong. The Relationship among Performace of Accounting Information System, Influence Factors, and Evolution Level of Information System. Journal of Management Information System. Volume 12. Nomor 4. Quartely. 1996.

Saptadi, N. Tri. Evaluasi Implementasi Teknologi Informasi Pada Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta Menggunakan Cobit Framework dan Expert Choice. Tesis Tidak Terpublikasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. 2007.

Setiawan, Alexander. Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Swasta Yogyakarta dengan Menggunakan COBIT Framework. Tesis Tidak Terpublikasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. 2008.

Setiawan, Alexander. Pengembangan dan Implementasi Maturity Model Teknologi Informasi dengan Menggunakan Domain Planning & Organization (PO) Pada Institusi Pendidikan Tinggi.. Seminar Nasional Teknologi Industri. Jakarta: Universitas Trisaksi. 2008.

Tjokronegoro, Arjatmo. Mutu dan Profesionalisme Dosen (Tenaga Pendidik) dalam Perspektif Abad 21, Makalah Seminar Nasional Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia. Jakarta. 2000.

Zuhal. Kecenderungan Perkembangan IPTEK dalam Perspektif Global. Makalah Seminar Nasional Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia. Jakarta. 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.