RANCANG BANGUN APLIKASI E-MUSEUM SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN KEBUDAYAAN

Etika Kartikadarma, Ifan Rizqa, Dico Trirosandi

Abstract


Musem sebagai salah satu tempat yang dapat dijadikan sebagai sumber sejarah dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan memanfaatkan teknologi yang ada agar fungsi dan manfaat yang di peroleh lebih maksimal dan berdaya guna. Rancang Bangun Aplikasi E- Museum ini merupakan sebuah inovasi baru yang memanfaatkan teknologi informasi untuk bidang pemanduan yang akan di implementasikan pada musium. Bertujuan untuk membantu bahkan dapat menggantikan seorang pemandu di musium dengan memanfaatkan perangkat mobile yang dimiliki oleh pengunjung dengan memanfaatkan fasilitas bluetooth (1) dan wireless (2), seperti ponsel dan laptop karena mengingat terbatasnya jumlah tenaga pemandu pada musium. Keberadaan aplikasi Digital museum ini diharapkan agar dapat meningkatkan minat masyarakat khususnya para pelajar untuk berkunjung, belajar dan menggali sejarah – sejarah berbagai macam hal terutama mengenai budaya Bangsa Indonesia yang sangat beragam. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu model Prototype (3) yang meliputi analisa kebutuhan sistem, Membangun prototyping, Evaluasi prototyping, Mengkodekan sistem, Menguji sistem, Evaluasi Sistem, Menggunakan sistem. Hasil pembuatan Desain Prototipe Digital Museum ini adalah sebuah aplikasi pemanduan satu arah berbasis mobile, yang dapat menjelaskan sejarah dari benda – benda koleksi kepada pengunjung.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


—. Musuem. petra.ac.id. [Online] 21 mei 1996. [Dikutip: 20 08 2009.]

petra.ac.id/indonesia/jawatimur/museum.htm.

—. Pembelajaran Multimedia. wikipedia. [Online] 3 april 2009. [Dikutip: 18 08 2009.] http://id.wikipedia.org/wiki/pembelajaran.

Anonymous. Metode Pengembangan Perangkat Lunak. wordpress. [Online] 21 mei 2009. http://en.wordpress.com/tag/pengantar-komputer-dan-teknologi-informasi/.

Anonymous. Sejarah. wikipedia. [Online] [Dikutip: 19 maret 2009.] http://id.wikipedia.org/wiki/sejarah.

Anonymous. wi-fi. wikipedia. [Online] [Dikutip: 12 08 2009.] http://id.wikipedia.org/wiki/wi-fi.

Metode Pengembangan Perangkat Lunak. wordpress. [Online] 21 mei 2009. http://en.wordpress.com/tag/pengantar-komputer-dan-teknologi informasi/.

Peranan Teknologi dalam Pembelajaran. Cepi Riyana, M.Pd. Bandung : s.n., 2004.

Petranisa, Rose. Pengenalan Unified Modeling Language/UML(Bagian I). 2005.

Sunarto, Drs. Buku Panduan dan Lembar Kerja Kunjungan. Semarang : Museum Ronggowarsito, 2007.

wikipedia. wi-fi. wikipedia. [Online] 12 Agustus 2009. http://id.wikipedia.org/wiki/wi-fi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.