PENERAPAN METODE REGRESI LOGISTIK PADA APLIKASI SPREADSHEET SEBAGAI ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN (STUDI KASUS DATA BUMN DI BPK RI)

Indira Swa Buana, Mahendrawathi Mahendrawathi, Mahendrawathi Mahendrawathi, Mahendrawathi Mahendrawathi, Nur Iriawan, Nur Iriawan, Nur Iriawan

Abstract


Decision Support System (DSS) merupakan alat bantu pengambilan keputusan berbasis komputer atau komputasi untuk membantu manajemen dalam memproses data menjadi informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan. Salah satu komponen dari DSS adalah model yang digunakan sebagai abstraksi dari dunia nyata. Model yang sering dipakai adalah model matematika dan statistika untuk membantu pengolahan data menjadi informasi. BPK RI terutama pada unit BUMN belum memiliki dukungan model untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan pemeriksaan. Jumlah BUMN yang banyak dan jenis pemeriksaan yang beraneka ragam membutuhkan penilaian obyektif dalam pengambilan keputusan pemeriksaan dengan menggunakan data yang dimiliki. Data BUMN adalah data keuangan yang wajib untuk disampaikan kepada BPK RI setiap tahun. Data keuangan dapat diolah menjadi rasio keuangan sebagai wujud analisis data sebagai dasar penilaian BUMN. Salah satu model pengambilan keputusan menggunakan rasio keuangan adalah model rating menggunakan metode regresi logistik pada emiten di Bursa Efek Surabaya (BES) oleh Iriawan (2005a). Model tersebut dapat juga diterapkan di BPK RI yang memiliki data keuangan BUMN yang dapat diolah menjadi rasio keuangan terutama untuk mendukung pengambilan keputusan pemeriksaan di BPK RI. Penelitian dengan menggunakan data rasio keuangan BUMN di BPK RI dan jenis keputusan yang dapat didukung dari model seperti ini pada lingkungan kerja BPK RI belum pernah dilakukan.Metode regresi logistik dapat membantu memodelkan BUMN ke dalam klasifikasi tingkat kesehatan menggunakan prediktor berupa rasio-rasio keuangan BUMN. Model regresi ini dapat menghasilkan peringkat BUMN, indikasi pergeseran tingkat kesehatan BUMN dan mengetahui kontribusi pengaruh masing-masing rasio keuangan terhadap tingkat kesehatan BUMN. Informasi tersebut dapat digunakan oleh BPK RI sebagai dasar pengambilan keputusan dalam perencanaan pemeriksaan di BPK RI. Metode regresi logistik tersebut diterapkan dalam aplikasi spreadsheet EWS emiten (Iriawan, 2005b) dengan modifikasi sebagai penyesuaian terhadap informasi yang dibutuhkan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Iriawan, N. (2005a), “Laporan Hasil Pembentukan Early Warning System (EWS) Obligasi Korporasi”, ITS, Surabaya.

Iriawan, N. (2005b). “Manual Program New EWS”, ITS. Surabaya.

Gibson, C.H. (2000), “Financial Reporting & Analysis: Using Financial Accounting Information”, 8th Edition, South-Western, Boston.

Hansen, S.M. (2004), “Mastering Excel 2003 Programming with VBA”, Sybex, Inc., Alameda, CA.

Hosmer, D.W., dan Lemeshow, S. (2000), “Applied Logistic Regression”, 2nd Edition, John Wiley and Sons, Inc., New York.

Jolliffe, I.T. (2002), “Principal Component Analysis”, 2nd Edition, Springer-verlag, Inc., New York.

Kleinbaum, D.G., dan Klein, M. (2002), “Logistic Regression A Self-Learning Text”, 2nd Edition, Springerverlag, Inc., New York.

Liang, T. P., Lee, C.C., dan Turban, E. (2008), “Model Management and Solver for Decision Support” in Handbook of Decision Support System I, eds. Burstein, F., dan Holsapple, C.W., Springer-verlag, Berlin, hal. 231-258.

Seref, M.M.H., dan Ahuja, R.K. (2008) “Spreadsheet Based Decision Support Systems” in Handbook of Decision Support System I, eds. Burstein, F., dan Holsapple, C.W., Springer-verlag, Berlin, hal. 277- 298.

Turban, E., dan McLean, E. (2002), “Information Technology for Management: Transforming Business in The Digital Economy”, 3rd Edition, John Wiley and Sons, Inc., New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.