PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DAN PIUTANG DENGAN METODE OBJECT ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN DAN UNIFIED MODELLING LANGUAGE PADA PERUSAHAAN DISTRIBUTOR

Lisnawati Christian, Ellen Ellen, Ratih Ratih, Yulia Yulia

Abstract


Tujuan penelitian untuk menganalisis, mengidentifikasi kebutuhan informasi, memperbaiki dan merancang sistem informasi akuntansi penjualan dan piutang pada perusahaan dirstributor dan informasi yang dibutuhkan oleh pihak manajemen untuk membantu dalam pengambilan keputusan serta mengatasi masalah yang terdapat dalam sistem yang berjalan. Metode penelitian dilakukan dengan studi kepustakaan, metode analisis dengan survei dan wawancara, dan metode perancangan dengan Object Oriented Analysis and Design (OOAD) dan Unified Modelling Language (UML). Hasil yang dicapai berupa perbaikan sistem informasi akuntansi penjualan dan piutang yang berjalan dalam bentuk perancangan aplikasi yang menginformasikan penomoran dokumen, pengarsipan dokumen, dan laporan yang dihasilkan. Simpulan yang diperoleh adalah dengan adanya sistem informasi akuntansi penjualan dan piutang ini dapat menghasilkan laporan yang dibutuhkan perusahaan secara cepat, lengkap dan akurat yang dapat digunakan pihak manajemen dalam proses pengambilan keputusan.


References


Jones, Frederick L., Rama. (2006). Accounting Information Systems. International student Edition. Thomson South-Western.

Mathiassen, Lars, Madsen, Andreas Munk, Nielsen, Peter Axel, dan Stage, Jan. (2000). Object Oriented Analysis & Design. Edisi 1. Forlaget Marko, Denmark.

Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi, edisi ke 3. Salemba Empat, Jakarta.

O’Brien, James, A., Marakas, George, M. (2006). Management Information System, seventh edition.McGraw-Hill, New York.

Warren, Carl, S., Reeve, James, M., Fess, Philip, E. (2005). Accounting, twentieth one edition. Thomson South-Western. Ohio

Hall, James A. (2001). Sistem Informasi Manajemen, Buku Satu. PT. Salemba Empat, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.