PERANCANGAN MODEL TATA KELOLA KETERSEDIAAN LAYANAN TI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT PADA BPK-RI

Lukman Hadi Dwi Purnomo, Aris Tjahyanto

Abstract


Penerapan Teknologi Informasi pada sebuah organisasi memerlukan sumber daya yang besar tidak hanya finansial, juga waktu dan energi. Resiko terjadinya kegagalan juga tidak bisa dikatakan kecil. Namun di samping itu, penerapan Teknologi Informasi juga memberikan peluang-peluang untuk peningkatkan produktifitas organisasi yang sudah berjalan. Badan Pemeriksa Keuangan – Republik Indonesia (BPK-RI) adalah lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Untuk dapat mewujudkan visi dan misinya, TI memberikan kontribusinya dengan menjalankan peran strategis yang dirumuskan dalam Rencana Strategis TI BPK-RI. Salah satu kebutuhan bisnis yang penting adalah mengelola TI sehingga dapat memiliki kapabilitas dan ketersediaan yang mencukupi, sehingga dapat menjadi medium komunikasi bagi para stakeholder-nya. Untuk itu diperlukan panduan yang dapat menjadi acuan dalam mengelola ketersediaan layanan TI. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa proses-proses TI yang terkait dengan ketersediaan layanan TI yaitu DS3 (Manage Performance and Capacity) dan DS4 (Ensure Continuous Service) sebagian besar berada pada tingkat kedewasaan 2 (Repeatable but Intuitive). Sedangkan manajemen mengharapkan bahwa sebagian besar atribut pada proses-proses tersebut minimal berada pada tingkat kedewasaan 4 (Managed and Measurable). Untuk mengatasi kesenjangan tersebut, pada penelitian ini disusun rekomendasi-rekomendasi yang bertujuan untuk meningkatkan kematangan sesuai yang diharapkan. Rekomendasi juga dilengkapi dengan outcome measure dan performance indicator serta draft kebijakan yang dapat menjadi panduan dalam mengelola ketersediaan layanan TI berdasarkan kerangka kerja COBIT.


References


BPK-RI (2006a), “Rencana Strategis”, Badan Pemeriksa Keuangan – RI, Jakarta

BPK-RI (2006b), “Rencana Strategis Teknologi Informasi”, Badan Pemeriksa Keuangan – RI, Jakarta

IT Governance Institute (2008a), “IT Governance and Process Maturity”, IT Governance Institute.

IT Governance Institute (2008b), “COBIT Mapping: Mapping of ITIL v3 With COBIT 4.1”, IT Governance Institute.

IT Governance Institute (2007a), “COBIT 4.1 Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models”, IT Governance Institute.

IT Governance Institute (2007b), “IT Governance Implemetation Guide”, IT Governance Institute.

IT Governance Institute (2000), “COBIT 3rd Implementation Tol Set”, IT Governance Institute.

IT Service Management Forum (2007), “An Introductory Overview of ITIL V3”, IT Service Management Forum.

Office of Government Commerce (2007a), “The Official Introduction to the ITIL Service Lifecycle”, The Stationary Office

Office of Government Commerce (2007b), “ITIL Service Design”, The Stationary Office

Surendro, Kridanto (2009), “Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi”, Penerbit Informatika, Bandung.

Weill, Peter dan Ross, Jeanne W (2004), “IT Governance; How Top Performers Manage IT Decision Rights for Superior Results”, Harvard Business School Press, Boston


Refbacks

  • There are currently no refbacks.