ANALISA STRATEGI E-MARKETING DAN IMPLEMENTASINYA (STUDI KASUS : PERUSAHAAN RETAIL GARMENT)

Meyliana Meyliana

Abstract


Pelanggan merupakan kunci utama bagi keberlangsungan suatu perusahaan. Perusahaan harus dapat mengelola pelanggan lama dan menarik pelanggan baru, dimana dalam ilmu manajemen dikenal dengan istilah kegiatan pemasaran/marketing. Pemasaran merupakan salah satu komponen dalam ilmu Manajemen Hubungan Pelanggan (yang lebih dikenal dengan istilah CRM/Customer Relationship Management). Marketing saat ini telah menjadi tren untuk melakukan promosi, meningkatkan jumlah pelanggan baru untuk memperluas pasar, dan mempertahankan loyalitas pelanggan lama untuk meningkatkan volume penjualan perusahaan. Dengan bantuan teknologi informasi yang sesuai, kegiatan marketing dapat diubah menjadi kegiatan yang sangat menguntungkan perusahaan karena dengan teknologi informasi, hambatan tempat dan waktu dapat diminimalisasi. Kegiatan marketing dengan bantuan teknologi informasi sering disebut dengan istilah e- Marketing. Selain itu, e-Marketing dilakukan untuk meningkatkan brand image perusahaan karena membuat perusahaan selalu diingat oleh pelanggannya (top of mind). Analisis strategi ini bertujuan menghasilkan sistem yang dapat membantu perusahaan dalam melayani pelanggan dengan memberikan kemudahan dalam mengakses informasi melalui fasilitas yang ada sehingga dapat menarik dan mempertahankan pelanggan untuk tetap menggunakan produk perusahaan. Setelah dianalisa, strategi e-Marketing ini akan diimplementasikan pada perusahaan yang memiliki jenis usaha retai garmentl. Strategi e-Marketing yang digunakan adalah tujuh (7) tahap strategi dari Judy Strauss yang meliputi analisis situasi, rencana strategis e-marketing, tujuan, strategi e-marketing, rencana implementasi, anggaran biaya dan rencana evaluasi.


References


Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston dan Fiona Ellis-Chadwick, 2000, Internet Marketing: Strategy, Implementattion And Practice, Pearson Education Limited, London, England.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2004, Principles of Marketing, 10th Edition, Pearson Education Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

McLeod, Raymond dan George Schell, 2001, Management Information Systems, 8th Edition, Prentice-Hall, New Jersey.

Meyliana, Syafrianto, Tasman, dan Santo, 2010, Analisis dan Perancangan e-Marketing pada Butik Avenue, Skripsi Tidak Diterbitkan, Jakarta, BINUS University.

O’Brien, James A, 2003, Introduction To Information Systems: Essentials For The E-Business Enterprise, 11th Edition, McGraw-Hill, New York.

Rangkuti, Freddy, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Rayport, Jeffrey F. dan Bernard J.Jaworski, 2003, Introduction To E-Commerce, 2nd Edition, McGraw-Hill, New York.

Reedy, Joel, Shauna Schullo dan Kenneth Zimmerman, 2000, Electronic Marketing, Integrating Electronic Resources Into The Marketing Process, The Dryden Press, Harcourt College Publishers, United States of America.

Simamora, Bilson, 2003, Aura Merek, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Strauss, Judy dan Raymond Frost, 2009, E-Marketing, 5th Edition, Prentice-Hall, Inc., Upper Saddle, New Jersey.

Turban, Efraim, R.Kelly Jr.Rainer dan Richard E.Potter, 2005, Introduction To Information Technology, 3rd Edition, John Wiley & Sons, Inc., New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.