ANALISIS PASAR FLEXI DI KALANGAN MAHASISWA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

Yunto Satrio, Nur Indrianti

Abstract


Flexi merupakan produk fixed wireless dengan teknologi CDMA2000-1X yang saat ini gencar dipromosikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (PT TELKOM). Untuk memperluas segmen pasar PT TELKOM, khususnya PT TELKOM KANDATEL Yogyakarta, terus berusaha meningkatkan penjualan Flexi khususnya di kalangan mahasiswa. Hal ini mengingat jumlah mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakart (DIY) relatif besar, sehingga merupakan pangsa pasar yang cukup signifikan. Tawaran tarif percakapan yang murah ke sesama Flexi tidak serta merta membuat Flexi menjadi kartu seluler yang paling banyak digunakan oleh masyarakat khususnya mahasiswa. Hal ini karena banyak pesaing di bidang seluler yang juga terus melakukan inovasi pada tarif yang ditawarkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan survei pasar untuk mengetahui karakteristik pengguna kartu seluler dan kebutuhannya serta agar dapat dilakukan perbaikan-perbaikan dan dengan demikian daya saing Flexi dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi pasar dan tingkat penggunaan Flexi di kalangan mahasiswa di DIY. Lebih rinci, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mengetahui besarnya market share Flexi; 2) mengetahui persentase posisi Flexi; 3) mengetahui segmen pasar Flexi; 4) mengetahui popularitas fitur Flexi; dan 5) mengetahui perbaikan dan fitur yang diinginkan oleh mahasiswa pengguna Flexi di DIY. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi Unit Fixed Phone Sales PT TELKOM KANDATEL Yogyakarta dalam mengembangkan strategi guna meningkatkan penjualan Flexi khususnya bagi mahasiswa di Yogyakarta.


References


Algifari, 1997, Statistika Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis, Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.

Angipora, 2002, Dasar-dasar Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hadi, S., 1991, Analisis Butir untuk Instrumen, Andi Offset, Yogyakarta.

KANDATEL Yogyakarta, 2008, Struktur Organisasi Divisi Regional dan KANDATEL, Yogyakarta.

Kotler, P., 1987, Dasar-dasar Pemasaran, CV. Intermedia, Jakarta.

PT TELKOM, 2008, Profil Perusahaan, www.telkom.co.id, diakses 30 November 2008.

Supriadi, 2008, Telekomunikasi dan Jaringan, http://ilmutelekomunikasi. blogspot.com, diakses 19 Januari 2009.

Umar, H., 2001, Strategic Management in Action, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.