RANCANG BANGUN PENGEMBANGAN POLA PENGETAHUAN MELALUI SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE

Hidayatulah Himawan

Abstract


Sistem pembelajaran yang efektif dan efisien tanpa mengurangi hasil dan nilai kompetensi yang ingin dihasilkan, menjadi output (keluaran) yang diinginkan oleh tiap komponen yang terlibat di dalam dunia pendidikan. Salah satu sistem pembelajaran yang berkembang saat ini adalah pembelajaran jarak jauh atau yang biasa disebut dengan e-learning. Sistem pembelajaran jarak jauh atau e-learning telah banyak dikembangkan oleh kalangan akademik. Namun apa yang diinginkan agar sistem pendidikan bisa berjalan lebih efektif dan efisien tanpa mengurangi kualitas output yang dihasilkan masih sangat jauh dari apa yang diharapkan. Hal ini disebabkan terlalu besarnya sistem database yang ada tanpa adanya proses yang dapat membuat para pengguna lebih mudah menggunakannya. Data mining bisa menjadi salah satu solusi agar sistem pencarian yang berjalan pada database bisa dilakukan dengan menggunakan pola-pola pengetahuan yang lebih baik. Pembagian Proses pencarian data kuliah akan mejadi lebih mudah jika dilihat dari berbagai kategori yang ada. Mulai dari sistem yang bersifat objek oriented ataupun yang non-object oriented. Baik secara struktural ataupun non-struktural. Selain itu tingkat kebiasaan kita sebagai pengguna yang ingin mendapatkan suatu sistem yang “user friendly” masih sangat diharapkan. Untuk itulah, penelitian ini akan mengembangkan pengolahan data maining pada pengembangan pola pengetahuan melalui sistem pembelajaran online. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model air terjun (water fall) yang dipadukan dengan System Development Life Cyscle (SDLC). Yaitu dengan melakukan analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem dan operasi serta pemeliharaan sistem. Dimana keempat sistem tersebut dapat dilakukan secara berulang. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan menggunakan PHP dan MySql sebagai basis datanya. Sedangkan desainnya menggunakan macromedia Dreamweaver.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Armadyah A., 2008, Perancangan dan Pembuatan Data Warehouse pada Perpustakaan STMIK Amikom Yogykarta,MTI Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Herlina T., 2007, Pengolahan dan Pemerapan Data Mining untuk Sistem Pendukung Keputusan dalam Kegiatan Akademik di MMTC Yogyakarta, Teknik Elektro UGM, Yogyakarta.

Kadir, A., 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Nugroho, B., 2008, Aplikasi E-Learning dengan PHP & Editor Dreamweaver, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta.

Poniah, P., 2001, Data Warehouse Fundamentals : A Comprehensive Guide for IT Professional. New York : John Wiley & Sons

Purbo, Onno W., Wahyudi, Aang Arif, 2001, Mengenal E-Commerce, Elex Media Komputindo, Jakarta

Sanjaya, R., Leong., M., 2008, Mudah Membangun WEB E-Learning, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta

Santosa, B., 2007, Data Mining Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis, Graha Ilmu, Edisi Pertama, Yogyakarta.

Sari, R., 2008, Analisa Kemampuan SDM dalam Penggunaan E-Learning, Teknik Elektro UGM, Yogyakarta.

Turban, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) jilid 1., Andi Offset : Yogyakarta

Wicaksono, V., 2007, Faktor Pendukung Efektifitas Penggunaan E-Learning, Teknik Elektro UGM, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.