APLIKASI PENILAIAN KUALITAS JASA/LAYANAN RETAIL DENGAN METODE RETAIL SERVICE QUALITY DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS

Nur Heri Cahyana, Bambang Yuwono, Dwi Normawati

Abstract


Penilaian terhadap kualitas layanan tidak dapat dilakukan dengan mudah hall ini karena sifat dari layanan itu sendiri bersifat intangible (tidak nyata). Sesuai dengan sifatnya yang kasat mata, penilaian terhadap kualitas layanan menjadi sulit untuk dilakukan. Kualitas layanan hanya dapat diukur dengan menggunakan suatu metode tertentu yang telah dirancang khusus sesuai dengan sifat jasa/layanan. Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan layanan/jasa retail adalah metode Retail Service Quality. dan Analytic Hierarchy Process. Metode ini dirancang sesuai dengan karakteristik sifat dari jasa/layanan. Sedangkan Analytic Hierarchy Process (AHP) adalah salah satu metode pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah multikriteria yang menggabungkan pertimbangan, penilaian yang logis, pengetahuan dan pengalaman dari pembuat keputusan, sehingga metode AHP dapat digunakan untuk pemecahan masalah diberbagai bidang. Aplikasi ini mampu memberikan kemudahan dalam pengukuran tingkat kualitas jasa/layanan perusahaan maupun toko retail. Diharapkan pihak manager perusahaan atau toko dapat bertindak sesuai dengan hasil yang didapatkan guna peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fathansyah, 2005, Buku Teks Komputer Basis Data, Penerbit INFORMATIKA, Bandung.

Kual, S., 2005, Measuring Retail Service Quality: Examining Applicability of International Research Perspective in India, India Institute of Management, Ahmedabad.

Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Rogers, Pressman, 1997, Rekayasa Perangkat Lunak, Andi Offset, Jakarta.

Saaty, T.L., 1998, Multicriteria Decision Making : The Analytic Hierarchy Process, University of Pittsburgh, RWS Publication.

Tjiptono, F., Chandra, G., 2005, Service, Quality & Satisfaction, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Tjiptono, F.dkk, 2004, Marketing Scales, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Turban, E., Aronson, J. E., Liang, T. P., 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Penerbit ANDI, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.