ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES ETL PADA DATA WAREHOUSE

Armadyah Amborowati

Abstract


ETL ( Extrac Transform Loading ) pada proses develop data warehouse merupakan suatu proses yang memakan waktu paling lama. Kesuksesan proses ETL sangat dipengaruhi oleh kualitas data yang ada pada database OLTP. Penelitian ini bertujuan untuk mencari noise-noise yang mungkin timbul pada proses ETL dengan metode pengembangan data warehouse. Database OTLP yang digunakan untuk penelitian adalah database Perpustakaan STMIK AMIKOM Yogyakarta dan data warehouse yang dibangun berdasarkan tabel fakta transaksi perpustakaan. Dari hasil pengujian yang didapat adalah kegagalan pada proses ETL dari database OLTP ke database data warehouse adalah adanya noise. Setelah dianalisis ternyata noise ada pada tabel pinjam_mhs, yaitu adanya data yang bernilai null pada kolom kd_pinjam_mhs di tabel pinjam_mhs. Sehingga sebelum proses ETL dilakukan perlu adanya proses menghilangkan noise yang ada pada database sumber atau database OLTP.


References


Han, Jiawei; Kamber, Micheline. 2006. Data Mining: Concepts and Techniques . San Fransisco: Morgan Kaufmann.

Hutabarat, Bernaridho I.,2008, Data Warehouse dengan SQL Server 2005. Elex Media Komputindo: Yogyakarta.

Kimball, Ralph; Caserta, Joe. 2004. The Data Warehouse ETL Toolkit. New Delhi: Wiley Publishing:.

Mallach, Efrem G.,. 2000. Decision Support and Data Warehouse Systems. Singapore: Irwin McGraw Hill.

Melisa Data, 2010, Scalable Data Quality [online],

http://www.melissadata.com/dqt/whitepaper/scalable-data-quality-whitepaper.pdf tanggal akses 13 Februari 2010.

Ponniah, Paulraj. 2001. Data Warehouse Fundamentals: a Comprehensive Guide for IT Professional. New York : John Wiley & Sons.

Populate Time Dimension of AdventureWorksDW Sample Database and use it in yourDatawarehouse/cube.[Online] http://blogs.msdn.com/azazr/archive/2008/05/09/populate-timedimension- of-adventureworksdw-sample-database-and-use-it-in-your-datawarehouse-cube.aspx. Tanggal akses 22 Juli 2008, Pukul 10.45.

Rainardi, Vincent, 2008, Building a Data Warehouse with Examples in SQL Server. Apress: New York.

Tang, ZhaoHui; MacLennan, Jamie. 2005. Data Mining with SQL Server 2005. Indiana Polis : Wiley Publishing.

Turban, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems ( Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas ) Jilid 1. Andi Offset: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.