APLIKASI LAPORAN HASIL SURVEI NON SEISMIK BERBASIS WEB UNTUK KONTRAKTOR KONTRAK KERJA SAMA (KKKS) PADA BADAN PELAKSANA KEGIATAN USAHA HULU MINYAK DAN GAS (BPMIGAS)

Herry Sofyan, Arina Noviasari

Abstract


Seluruh KKKS yang terdaftar pada bpmigas dan sedang beroperasi diwajibkan menyerahkan laporan hasil survei non seismik setiap hari kepada bpmigas. Pengiriman laporan oleh KKKS terkadang tidak sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh bpmigas. Selain itu juga bpmigas membutuhkan waktu yang lama dalam pengolahan laporan-laporan yang masuk untuk dapat menampilkan laporan sesuai dengan ketentuan dari bpmigas dalam waktu yang relatif lebih cepat. Untuk itu diperlukan sebuah aplikasi untuk mengolah hasil laporan yang dapat diakses oleh seluruh KKKS. Untuk membangun aplikasi ini digunakan metode waterfall. Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dengan sistem basisdata yang digunakan adalah MySQL serta perangkat lunak pendukung Macromedia Dreamweaver untuk perancangan web. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah “Aplikasi Laporan Hasil Survei Non Seismik Berbasis Web Untuk Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) pada bpmigas”.. Dengan dihasilkannya aplikasi ini para KKKS yang terdaftar dalam BPMIGAS dan sedang beroperasi dapat menginputkan laporan hariannya sesuai dengan format dari bpmigas sehingga mampu meminimalisir kekosongan data. Selain itu, pengolahan laporan dari KKKS data lebih cepat karena sudah tersusun sesuai format. Dengan aplikasi ini juga dapat menyajikan laporan perkembangan setiap KKKS dengan lebih menarik sesuai periode yang telah ditentukan


References


Fathansyah, 2002, Basis Data, Informatika, Bandung.

Hakim, Lukmanul, Musalini, Musalini, 2003, 150 Rahasia dan Trik Menguasai PHP, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kadir, Abdul, 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Hartono, Jogiyanto, 1999, Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemgograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan, Andi, Yogyakarta.

Prahasta, Eddy, 2005, Sistem Informasi Geografi: Konse-konsep Dasar Sistem Informasi Geografi, Informatika, Bandung.

Pressman, Roger S., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak, jilid 1, Andi, Yogyakarta

Rickyanto, Isak, 2002, Desain WEB dengan Dreamweaver MX., Elex Media Komputindo., Jakarta.

Sutarman, 2003, Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL, Graha Ilmu, Yogaykarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.