PENYUSUNAN FITUR MOBILE CRM MELALUI PEMODELAN ORGANISASI DENGAN METODA SOFT SYSTEM METHODOLOGY: STUDI KASUS BENGKEL OTOMOTIF
Abstract
Penelitian ini berusaha menemukan fitur - fitur yang diperlukan dalam membangun sebuah mobile CRM untuk bengkel mobil. Dengan menggunakan soft system methodology dapat diperoleh model proses bisnis, yang selanjutnya dapat ditentukan fitur-fitur CRM secara umum. Dari fitur-fitur tersebut dapat diturunkan dengan menggunakan kerangka kerja e-CRM untuk mendapatkan fitur-fitur e-CRM. Selanjutnya fitur-fitur e-CRM tersebut dapat direduksi dengan menggunakan kerangka kerja mobile CRM untuk menghasilkan fitur-fitur m- CRM. Langkah selanjutnya fitur-fitur m-CRM yang ditemukan dituangkan menjadi satu software requirement specification yang dapat digunakan organisasi membangun sistem CRM dengan modul mobile CRM. Dari penelitian ini, mobile CRM merupakan salah satu channel CRM yang masih dapat dikembangkan lebih lanjut. Oleh karenanya, model proses bisnis sangat mempengaruhi fitur fitur mobile CRM yang diperlukan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, I., & Chowdhury, A. R. Electronic Customer Relationship Management (e-CRM): Customers perception of value from e-CRM features on airline e-ticketing Websites. May, 2008. Luleå University of Technology, Department of Business Administration and Social Sciences, Division of Industrial marketing
and e-commerce.
Budiardjo, Eko K., Zakky S. Balbeid, Analisis Fitur Sistem Informasi Loyality Program Sebagai Bagian Dari CRM Perhotelan, Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI), Bandung, Februari 2007.
Budiardjo, Eko K., Faldy Irwiensyah, Analisis Fitur CRM Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien - Berbasis Pada Framework of Dynamic CRM – Studi Kasus: Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI - RSCM JAKARTA, Prosiding Seminar Nasional Informatika 2008 (Semnasif 2008), Yogyakarta, Mei 2008
Budiardjo, Eko K., Wira Perdana, FrontCRM: A Framework based on Theory of CRM Penerapannya pada Toko Buku berskala UKM, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008),
Yogyakarta, Juni 2008
Budiardjo, Eko K., Ari Prasetyo, KESAMAAN ANTARA FRONT-CRM DENGAN DYNAMIC-CRM SEBAGAI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) FRAMEWORK, Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (sesindo) 2008, ITS, Surabaya, Desember 2008
Budiardjo, Eko K., Dewi Aprillovi, MOBILE BANKING: A CUSTOMER RELATIONSHIP MAMAGEMENT (CRM) CHANNEL, Prosiding Seminar Nasional Informatika 2009 (Semnasif 2009), Yogyakarta, Mei 2009
Budiardjo, Eko K., Dewi Aprillovi, Spesifikasi Fitur Customer Relationship Management (CRM) Dengan M-Banking Sebagai Kanal Komunikasi, Prosiding e-Indonesia Initiatives V – 2009: Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Indonesia Pembangunan TIK untuk Next Generation Indonesia (eII-2009), Bandung, Juni 2009
Budiardjo, Eko K., Ari Prasetyo, Penyusunan Fitur Fungsionalitas Peranti Lunak Customer Relationship Management (CRM) Berdasarkan Front-CRM Framework, Prosiding Konferensi Nasional Teknologi
Informasi dan Aplikasinya (KNTIA'09), Palembang, November 2009
Peelen, Ed. (2005). Customer Relationship Management. Prentice Hall, Financial Times.
Raman, P. (2002). Trends in Customer Relationship Management. Florida State University, Department of Marketing, College of Business.
Robson, A. (2005). CRM: The concept and the technology. White Paper, Perfect Image.
Schierholz, R., Kolbe, L. M., & Brenner, W. (2007). Mobilizing customer relationship management: A journey from strategy to system design. Business Process Management Journal, Vol. 13 No. 6, 830-852.
Shan L. Pan & Jae-Nam Lee. (April, 2003). Using e-CRM For A Unified View Of The Customer. Communications Of The ACM, Vol. 46 No. 4, 95-99.
Sinisalo, J., Salo, J., Karjaluoto, H. & Leppaniemi, M. (2007). Mobile customer relationship management: underlying issues and challenges. Business Process Management Journal, Vol. 13 No. 6, 771-787.
Williams, B. (2005). Soft Systems Methodology. The Kellogg Foundation.
Refbacks
- There are currently no refbacks.