APLIKASI PENGENALAN BENDERA NEGARA MENGGUNAKAN HISTOGRAM CITRA

Wilis Kaswidjanti, Herlina Jayadianti, Ervina Amelia Malik

Abstract


Selama ini orang mengalami kesulitan dalam hal menghafal atau mengingat berbagai jenis bendera negara yang ada di dunia. Hal ini dikarenakan, dari segi jumlah bendera negara yang begitu banyak di dunia sesuai dengan banyaknya jumlah negara yang ada di dunia, apalagi dari segi warna, bendera negara memiliki kombinasi warna yang hampir mirip satu sama lain untuk tiap-tiap negara. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun sebuah aplikasi pengenalan bendera negara menggunakan histogram yang diharapkan sistem dapat membantu mempermudah user dalam mengenali bendera dari tiap negara di dunia tanpa harus menghafal atau mengingat, bahkan bagi user yang sama sekali belum mengetahuinya. Aplikasi yang dibangun ini mampu mengenali gambar bendera negara dalam bentuk format file image bitmap (*.bmp). Pengenalan pola bendera ini dilakukan dengan menggunakan nilai kesalahan atau nilai SSE (Sum Square Error) sebagai faktor penentu, sehingga menghasilkan nama negara yang sesuai dengan gambar bendera yang pernah dilatihkan ke dalam program.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achmad, B. dan Firdausy, K., 2005, Teknik Pengolahan Citra Digital Menggunakan Delphi, Ardi Publishing, Yogyakarta.

Fahmi, 2007, Studi dan Implementasi Watermarking Citra Digital dengan Menggunakan Fungsi Hash, Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Gonzalez, C.R. dan Woods, R.E., 2002, Digital Image Processing 2nd ed, Prentice Hall, New Jersey.

Nalwan, Agustinus, 2004, Pengolahan Gambar Secara Digital, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Paryono, P., Kurniawan E., Wibowo, E., 2008, Citra Digital ,

(diakses tanggal 7 Desember 2010).

Pressman, R.S., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi, Buku 1, Andi, Yogyakarta.

Sigit, R., Basuki, A., Ramadijanti, N. dan Pramadiharta, D., 2005, Step by Step Pengolahan Citra Digital, Andi, Yogyakarta.

Yuginta, 2009, Sejarah & Asal – Usul Bendera Di Dunia. , (diakses

tanggal 2 Juni 2011).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.