DEVELOPMENT OF A LOW COST DATA ACQUISITION SYSTEM

R Arif Tri Rahmawanto, Muhammad Arrofiq

Abstract


Sistem akuisisi data memiliki peranan penting pada sistem pengolahan sinyal. Penggunaan antarmuka paralel dan serial pada komputer untuk berkomunikasi dengan piranti luar merupakan hal yang umum. Tetapi keberadaan antarmuka paralel dan serial saat ini tergeser oleh keberadaan USB yang menawarkan kecepatan dan kemudahan pemakaian. Oleh karena itu, sistem akuisisi data yang menggunakan USB sebagai antarmuka merupakan sebuah kebutuhan. Sistem yang diusulkan terdiri atas dua bagian utama, yaitu sistem mikrokontroler PIC16F877A dan modul USB. Dengan demikian sistem yang dikembangkan memerlukan sedikit jumlah komponen. Sistem mikrokontroler yang dipilih mampu bekerja dengan kristal 20MHz dan memiliki ADC internal 10-bit.Dengan menggunakan modul USB, program pengiriman data tidak memerlukan program kendali pengiriman spesifik. Berdasarkan data pengamatan, sistem yang dikembangkan mampu mengakuisisi data dengan baik dan dapat beroperasi dengan dengan PC maupun notebook menggunakan port USB.


References


AXELSON, J. (2005) USB Complete: Everything You Need to Develop Custom USB Peripherals, Lakeview Research.

GREEN, T. D. (2008) Embedded Systems Programming with The PIC16F877.

INC., M. T. (2003) PIC16F87XA Data Sheet: 28/40/44-Pin Enhanced Flash Microcontrollers.

NAJEB, J. M., RUHULLAH, A. & SALLEH, S.-H. (2005) 12-Channel USB Data Acquisition System For QT Dispersion Analysis. Robotic, Vision, Information and Signal Processing, ROVISP2005. Penang, Malaysia.

NAJEB, J. M., SALLEH, S.-H. & YUSOFF, K. (2005) Two-channel data acquisition unit for heart sound analysis. International Conference on Communications, & Signal Processing with Special Track on Biomedical Engineering, 2005. CCSP 2005. Kuala Lumpur, Malaysia.

ROJVANIT, R. (2004) Migrating Applications to USB from RS-232 UART with Minimal Impact on PC Software. Microchip Technology Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.