STUDI KELAYAKAN DISASTER RECOVERY PLAN PADA INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER (STUDI KASUS JARINGAN KOMPUTER UNIVERSITAS WIDYATAMA)

Nilla Rachmaningrum, Falahah Falahah

Abstract


Disaster recovery plan (DRP) adalah rencana yang disiapkan organisasi untuk membantu organisasi pulih setelah terjadi musibah atau bencana. Penyebab musibah bervariasi, mulai dari fenomena alam hingga akibat perbuatan manusia, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Pada bidang teknologi informasi, penyebab dapat lebih spesifik misalnya kegagalan infrastruktur , kekeliruan operator, hingga serangan virus. Tingginya kebergantungan organisasi pada infrastruktur teknologi informasi menyebabkan perlunya dipertimbangkan DRP di bidang infrastruktur jaringan komputer. DRP perlu dibuat dengan tepat dan optimal, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan organisasi. Untuk itu, diperlukan studi awal untuk melihat kelayakan organisasi atas kebutuhan adanya DRP. Pada penelitian ini dilakukan studi kelayakan diperlukannya DRP pada infrastruktur jaringan komputer, dengan studi kasus pada jaringan komputer Universitas Widyatama. Studi kasus dilakukan dengan menginventarisir kondisi infrastruktur jaringan serta mengamati tingkat kebergantungan sivitas akademika dan proses bisnis di Universitas Widyatama terhadap infrastruktur jaringan komputer. Hasil studi menujukan bahwa rendahnya tingkat kesadaran pengamanan data terhadap bencana, dari sebagian besar pengguna, yang diikuti oleh tingginya tingkat kebergantungan terhadap ketersediaan layanan jaringan komputer. Inventarisir kondisi infrastruktur jaringan juga menunjukan belum adanya tendensi dan kesiapan dalam menghadapi bencana. Hasil akhir penelitian merekomendasikan perlunya disiapkan sebuah DRP untuk infrastruktur jaringan komputer untuk membantu pihak manajemen menyelamatkan informasi penting di saat terjadi bencana.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Falahah, “Pengembangan Model Perencanaan Penanggulangan Bencana (Disaster Recovery Plan) pada Sektor Teknologi Informasi”, Tesis Magister Sistem Informasi, Program Studi Informatika, STEI, ITB,

Gregory, Peter, CISA, CISSP, "IT Disaster Recovery Planning for Dummies", Willey Publishing, Inc, 2007.

http://en.wikipedia.org/wiki/Disaster_recovery, diakses tanggal 16 Juni 2011.

http://www.iso.org/iso/iso_catalogue/catalogue_tc/catalogue_detail.htm?

csnumber=41532 "ISO/IEC24762:2008", diakses tanggal 16 Juni 2011.

http://www.sysneta.com/memahami-firewall-dmz, diakses tanggal 16 Juni 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.