MENILAI INVESTASI SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT. STI DENGAN MENGGUNAKAN METODE NEW INFORMATION ECONOMICS

Hudiarto Hudiarto, Meta Rusli, Maria F. P Maria F. P, Noviyana Noviyana

Abstract


PT. STI (STI) adalah sebuah perusahaan yang menghasilkan barang-barang saniter berkualitas unggul telah menginvestasikan modal yang tidak kecil untuk sistem dan teknologi informasinya (SI/TI). Makalah ini merupakan penelitian yang akan menilai dan menganalisis sumber daya yang digunakan secara aktif baik dari segi sistem aplikasi, infrastruktur teknologi informasi, kemampuan melayani penggunanya, dan manajemen yang ada pada unit sistem dan teknologi informasi. Keempat hal tersebut diteliti pada bagian produksi sehingga diharapkan sebagian sasaran bisnis yang telah ditetapkan dapat dicapai. Selain itu juga diusulkan proyek pengembangan sistem aplikasi yang akan digunakan dimasa mendatang agar perusahaan dapat menang dalam persaingan yang semakin keras. Metodologi yang digunakan adalah New Information Economics dari Benson et al (2004) yaitu dengan melakukan empat praktek dasar dari lima yang ada yaitu Demand/Supply Planning, Innovation, Prioritization, dan Alignment. Hasil yang dicapai adalah SAP Business Warehouse merupakan investasi proyek aplikasi penting untuk 2011, perlunya memantapkan strategi portfolio SI/TI, dan ternyata STI sudah mengarah pada usaha green computing.


References


Benson, Robert J., Thomas L. Bug Nitz and William B. Walton. (2004). From Business Strategy to IT Action. Right Decision for a Better Bottom Line. John Willey and Sons, Inc.; New Jersey.

Fitzpatrick, Edmund W. (2005). IT Portfolio Management. IT Economics Corporation.

O’Brien, James A. (2005). Pengantar Sistem Informasi: Perspektif Bisnis dan Manajerial; 12th edition.Terjemahan Salemba Empat, Jakarta.

Reilly, Frank K. And Brown, Keith C. (2006). Investment Analysis and Portfolio Management. 8th edition. Thompson Learning, Ohio.

IBM (2007).”Green Computing”, http://searchdatacenter.techtarget.com/definition/green-computing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.