PENERAPAN SISTEM INFORMASI UNTUK MENENTUKAN KREDIT LIMIT PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAGANG SKALA KECIL DAN MENENGAH

Suparto Darudiato

Abstract


Perkembangan globalisasi dan persaingan usaha antar perusahaan yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk selalu mempertimbangkan strategi yang tepat dalam menghadapi segala tantangan tersebut. Teknologi memberikan cara pandang baru bagi perusahaan didalam menjalankan setiap aktivitasnya. Penelitian pada PT. Kemakmuran bertujuan untuk merancang sistem informasi guna mengefektifkan arus informasi demi kelancaran aktivitas dalam siklus pendapatan dan persediaan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi kepustakaan dan wawancara kepada pihak-pihak yang terkait dengan penentuan pemberian kredit. Berdasarkan data temuan kemudian dilakukan analisis kebutuhan informasi dan merancang sistem informasinya. Selain itu, juga menggunakan pendekatan Object Oriented Analysis & Design sebagai dasar perancangan sistem. Dengan dirancangnya Sistem Informasi Akuntansi atas siklus pendapatan dan persediaan, maka diharapkan memberikan manfaat bagi pihak manajemen perusahaan seperti menyediakan informasi yang lebih lengkap atas siklus pendapatan dan persediaan perusahaan, mengintegrasikan bagianbagian yang berkaitan dengan siklus pendapatan dan persediaan perusahaan, menerapkan pengendalian internal yang baik serta meningkatkan daya saing kompetitif. Dan pengkajian perlu dilakukan secara terus menerus sehingga kualitas dari sistem yang dirancang tidak menurun dan terus mengalami peningkatan.


References


Adkisson, R. J. (2005). Financing Account Receivable for Retirement and Asset Protection. Lincoln, Nebraska: iUniverse.

Gelinas, U. J., & Dull, R. B. (2010). Accounting Information Systems (8th edition ed.). Mason, Ohio: South- Western Cengage Learning .

Gitman, L. J. (2006). Principles of Managerial Finance (11th Edition ed.). Boston: Pearson Addison-Wesley.

Hall, J. A. (2008). Accounting Information System (6th Edition ed.). Mason, Ohio: Cengage Learning.

Mathiassen, L., Madsen, A. M., Nielsen, P. A., & Stage, J. (2000). Object Oriented Analysis and Design. Denmark: Marko Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.