ACEH TSUNAMI DIGITAL REPOSITORY PENGEMBANGAN DAN KEBERLANJUTAN INFORMASI PASCA REHABILITASI-REKONSTRUKSI ACEH

Nurul Islami, Hendra Syahputra, Razali Amna, Khairul Munadi, Nasruddin Nasruddin

Abstract


Pada 26 Desember 2004, gempa bumi dahsyat dan gelombang tsunami melanda Banda Aceh dan pesisir pantai Aceh lainnya. Selama masa rehabilitasi dan rekonstruksi akibat bencana alam ini, telah menghasilkan begitu banyak informasi dan dokumentasi yang sangat bernilai dilihat dari konteks sejarah, saintis, pendidikan dan mitigasi bencana. Berbagai informasi dan dokumentasi berupa rekaman kejadian, data serta kajian saintifik, data korban, lessons learned, model manajemen dan aktivitas rehab/rekons serta pelakunya, dan beragam informasi lain, akan hilang bila tidak dipreservasi dan dikelola dengan baik. Di sisi lain, informasi tersebut juga akan tak berarti bila tidak terdiseminasi untuk khalayak. Untuk itu, Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana Universitas Syiah Kuala (TDMRC-Unsyiah) telah melakukan proses preservasi terhadap dokumentasi tersebut melalui program yang disebut Aceh Tsunami Digital Repository (ATDR). Aplikasi berbasis web DSpace telah dipertimbangkan untuk implementasi ATDR yang saat ini dapat diakses online dengan alamat http://atdr.tdmrc.org. BRR (Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi) NAD-Nias yang telah menuntaskan proses rehabilitasi dan rekonstruksi, meninggalkan pelajaran yang berharga dalam bentuk informasi dan dokumentasi digital. Saat ini informasi tersebut telah masuk menjadi salah satu segmen yang memperkaya koleksi dalam database ATDR. Lebih lanjut, ATDR akan mampu mendorong kolaborasi riset dan analisa data dari berbagai disisplin ilmu. Dengan menjaga keberlangsungan informasi, data akan terus tersedia untuk pengetahuan dimasa yang akan datang.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


D. A. Koutsomitropoulos, A. A. Tsakou, D. K. Tsolis and T. S. Papatheodorou, “Towards the development of a general-purpose digital repository,” ICEIS 2004, pp. 1-8, 2004.

TDMRC, “Term of Reference (TOR) of Aceh tsunami digital repository (ATDR)”, 2009.

Nasaruddin, K. Munadi, Syukriyadin and M. Dirhamsyah, “Design and Implementation of Aceh Tsunami Digital Repository”, AIWEST-DR, 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.