KNOWLEDGE MANAGEMENT UNTUK PENGURANGAN RISIKO BENCANA (Konsep dan Implementasi pada Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana- Unsyiah)

Hendra Syaputra, Khairul Munadi

Abstract


Kebutuhan akan suatu pengetahuan menjadi sangat penting untuk pengambilan keputusan yang cepat dan akurat. Isu akan pentingnya pengetahuan dan teknologi yang terdapat didalamnya tool atau fungsi untuk mengolah pengetahuan bencana tersebut menjadi hal yang tidak dapat ditunda lagi pembuatannya, mengingat belakangan ini Indonesia menjadi negara yang sering dilanda bencana. Dalam pemanfaatan pengetahuan yang tepat dan akurat, tidaklah mudah jika hanya bergantung kepada pengetahuan itu sendiri.Namun diperlukan wadah (tools) yang dapat digunakan untuk menunjang mengemas pengetahuan yang ada dan dimanfaatkan guna mensukseskan pengurangan risiko bencana untuk kemudian dijadikan landasan dapat dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan yang bersifat cepat dan akurat. Pemanfaatan pengetahuan bidang kebencanaan dengan menggunakan teknologi menjadi suatu hal yang tidak dapat dipungkiri lagi untuk mempermudah siapapun (lembaga terkait, pemerintah), untuk pengambil keputusan dalam upaya mengambil dalam kebijakan pengurangan risiko bencana di Aceh.


References


Alle, Verna (2000), Knowledge Networks and Community Of Practice, OD Practitioner USA, page 4

Coburn AW, RJS Spence, A Pomonis, Disaster Mitigation (199$) United Nation Development Program ,

Cambridge

Architectural Research Limited, United Kingdom, page 11

Damodar N. Gujarati Gujarati (1995), Ekonometrika Dasar, Penerbit Erlangga page 12, 157, 163-165

Darren Cambridge, Soren Kaplan, and Vicki Suter (2005) Community of Practice Design and Guide A Step-by- Step Guide for Designing & Cultivating Communities of Practice in Higher Education, National Learning Infrastructure Initiative at EDUCAUSE (http://www.educause.edu/nlii), page 2-8,

Davenport, Thomas H and Prusak,L (1998). Working Knowledge : How Organizations Manage What They Know. Boston: Harvard Business School Press.

Tocan, Madalina Cristina, Critical Success Factors To Knowledge Management Implementation, Faculty of Business and Admiration University of Bucharest, Jurnal for The International Conference on Economics and Administration, Faculty of Administration and Business, University of Bucharest, Romania (page 818-819)

Xiaoming Cong and Kaushik V. Pandya (2003) Issues of Knowledge Management in the Public Sector, University of Luton, UK, Academic Conferences Limited, page 7-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.