SISTEM INFORMASI BUDGETING UNTUK PERGURUAN TINGGI

Arta M Sundjaja, Herlin Tundjung, Irene Puspita

Abstract


Institut XYZ merupakan institusi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan. Selama tahun ajaran 2007-2010, laporan laba rugi Institut XYZ terus mengalami defisit yang disebabkan oleh pengeluaran institusi yang kurang terkendali, yang tidak diimbangi dengan pendapatan yang sesuai, khususnya pengeluaran yang terjadi pada departemen pemasaran. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah melalui studi pustaka dan studi lapangan yang dilakukan melalui wawancara dan analisis dokumen. Dalam perancangan sistem informasi, metode yang digunakan adalah metode perancangan berorientasi objek dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic.Net 2008 dan Microsoft SQL Server 2008. Perancangan dokumen menggunakan notasi UML yang berorientasi objek dengan menggunakan Microsoft Visio 2007. Dari laporan laba rugi institusi saat ini menunjukkan rata-rata defisit selama tiga tahun sebesar Rp. 2.709.857.448. Sedangkan dengan disusunnya anggaran yang diusulkan penulis diperoleh surplus sebesar Rp 72.083.584. Oleh sebab itu perlu disusunnya anggaran dengan tujuan perencanaan, pengawasan, serta sebagai tolok ukur kinerja melalui laporan kinerja, yang akan membandingkan anggaran dengan kegiatan aktual.


Keywords


Analisis, perancangan, sistem informasi, anggaran, laporan kinerja.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Mulyadi. (2002). Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat, Dan Rekayasa. Edisi 2. Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Yogyakarta

Leinwand, P. dan Mainardi, C. (2010). Budget Time: An Opportunity to Reinforce Corporate Strategy. Corporate Finance Review, New York. Vol. 15. Iss. 3. Retrieved from Proquest.

Mathiassen, L., A. Munk-Madsen, Peter A. Nielsen, dan Jan Stage. (2000). Object Oriented Analysis and Design. Makro Publishing ApS., Denmark.

M. Nafarin. (2000). Penganggaran Perusahaan. Edisi 1. Salemba Empat, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.