APLIKASI MOBILE DOCTOR UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI LAYANAN MEDIS DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

Gatot Santoso, Edhy Sutanta, Samekto Wibowo

Abstract


Peranan IPTEK dalam antisipasi dan penanganan bencana alam sangatlah besar. Perkembangan TIK memberikan terobosan baru dalam layanan kesehatan mobile dengan memanfaatkan perangkat TI genggam atau yang biasa disebut dengan mobile doctor. Mobile doctor memiliki beberapa kelebihan kemampuan untuk penanganan bencana yang bisa diakses kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja. Sistem ini, akan memungkinkan dokter untuk memantau dari jauh seorang pasien korban bencana yang dapat bebas bergerak, dan untuk situasi darurat. Problem yang ada adalah perangkat mobile doctor memiliki keterbatasan sumber daya dan keragaman platform sehingga diperlukan rancangan yang mampu menjamin kompatibilitas dan interoperabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menangani masalah kesehatan pasien korban bencana alam dengan memanfaatkan telepon seluler, agar dokter bisa memberikan informasi layanan medis yang lebih efektif dan efisien kepada pasien. Layanan mobile doctor ini memerlukan koneksi dan akses internet yang bagus, dan juga memerlukan hardware yang mumpuni agar bisa menikmati keseluruhan layanan medis dengan baik. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebuah software dan konten kesehatan berbasis seluler, sedang target utamanya adalah rancangan mobile doctor untuk layanan medis dalam penanganan bencana alam.


References


AbouZahrl, Carla & Boermal, Ties, Health information system: the foundations of public health in Bulletin of the World Health Organization, August. 2005.

B. Zheng and M. Atiquzzaman, Multimedia over high speed networks: redupubs/freeng network requirement with fast buffer fillup, Proc. IEEE GLOBECOM '98, Sydney,Australia, Nov.8–12,1998.

E. Dahlman, B. Gudmundson, M. Nilsson, and J. Skold, UMTS/IMT-2000 Based on Wideband , IEEE Commun. Mag., Vol. 36, pp. 70-80, Sept. 1998.

Juntao Yuan, Michael, Enterprise J2ME: Developing Mobile Java Application, Prentice Hall, 2004.

Sven-Olof Karlsson Leif Karlsson, A Report from the Project on Telemedicine-Regional and National Collaboration Subproject: Incentives and Implementation by Stockholm, May. 2003.

Tayab, D Memon, B.S Chowdhry, Mohammad S Memon, The Potential of Telemedicine System: An Approach Toward a Mobile Doctor, MUET, Research Jurnal, 2007.

W.J. Dally, P.Hanrahan, and R. Fedkiw, A Streaming Supercomputer, white paper, Computer System Laboratory, Stanford Univ., Stanford, 2001.

Word Health Organization, Medical Records Manual, A Guide for Developing Countries, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.