PEMODELAN PENGOPERASIAN MCAP DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENUJU MASYARAKAT INFORMASI di DIY

Oliver Samuel Simanjuntak

Abstract


Untuk memperkecil kesenjangan digital di Propinsi DIY, peran agen pemberdayaan dituntut untuk dapat melakukan pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat informasi. Pemerintah Propinsi DIY sebagai salah satu agen pemberdayaan membuat sebuah terobosan pemberdayaan melalui pengoperasian MCAP. Namun demikian, pelaksanaan pengoperasian MCAP di masyarakat mengalami berbagai permasalahan. Identifikasi permasalahan pengoperasian MCAP adalah belum tersedianya cara yang tepat dalam pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat informasi. Penelitian ini membangun sebuah model pengoperasian MCAP dalam rangka pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat informasi. Pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat informasi sebagai upaya agen pemberdayaan dalam rangka pemberian kesempatan, pemihakan dan penguatan pendayagunaan TIK bagi masyarakat, yaitu: 1) observasi lapangan dalam rangka pengukuran tingkat kemauan, kemampuan masyarakat dan kondisi lingkungan setempat terkait pendayagunaan TIK 2) diskusi bersama warga masyarakat dalam rangka pengumpulan kebutuhan, permasalahan dan potensi informasi di masyarakat 3) pelaksanaan pemberdayaan dalam rangka pembangunan persepsi positif terhadap kemudahan dan manfaat pendayagunaan TIK bagi masyarakat.


References


DEPKOMINFO. 2008. Mobile-Community Access Point. Jakarta: DEPKOMINFO.

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Hardjono, Agung; & Sari, Dinar Pandan. 2006. Membangun Kultur Informasi dan Komunikasi: Studi Kasus Pembangunan Telecenter di Perdesaan. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Kadiman, Kusmayanto. 2006. Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2005-2025. Jakarta: Kementrian Negara Riset dan

Teknologi Republik Indonesia.

KR. 2008a. BID DIY-TELKOM Yogya: Operasionalkan Internet-Telepon Keliling. http://www.kr.co.id. Diakses tanggal 18 April 2008, pukul 13.02 WIB.

Mistry, Jamshed J. 2005. A Conceptual Framework for the Role of Government in Bridging the Digital Divide. Journal of lobal Information Technology Management.

Sharma, Ravi; & Mokhtar, Intan Azura. 2005. Bridging the Digital Divide in Asia. Australia: International Journal of Technology, Knowledge and Society.

Sinarharapan. 2003. Kesenjangan Digital Akibatkan Indonesia Makin Tertinggal. http://www.sinarharapan.co.id. Diakses tanggal 11 Februari 2009, pukul 10.22 WIB.

Smith, Craig Warren. Digital Divide: What It Is and Why It Matters.

http://www.digitaldivide.org/dd/digitaldivide.html. Diakses tanggal 18 April 2008, pukul 16.02 WIB.

Wijaya, Stevanus Wisnu; & Surendro, Kridanto. 2006. Kajian Teoritis: Model E-government Readiness Pemerintah Kabupaten/Kotamadya dan Keberhasilan E-government. Prosiding SNATI9 Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Yogyakarta.

Wijaya, Stevanus Wisnu. 2006. Kajian Teoritis Technology Acceptance Model Sebagai Model Pendekatan Untuk Menentukan Strategi Mendorong Kemauan Pengguna Dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi. Yogyakarta.

Wrihatnolo, Randy R; & Dwidjowijoto, Riant Nugroho. 2007. Manajemen Pemberdayaan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.