PRESENSI PERKULIAHAN PRODI TEKNIK INFORMATIKA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BERBASIS KARTU PINTAR RFID

Awang Hendrianto Pratomo, Dessyanto Boedi Prasetyo

Abstract


Perkembangan teknologi informasi saat ini telah banyak digunakan untuk memberikan kemudahan, mempercepat, dan mengefisienkan pekerjaan. Sistem presensi yang masih diterapkan adalah jenis presesi dengan menggunakan presensi manual menggunakan media kertas dan tidak efisien jika dilihat dari segi waktu, rekapitulasi data kehadiran dan ketepatan atau keaslian dari data yang disajikan. Masih sering terjadi adanya kebiasaan untuk menitipkan tanda tangan sebagai bukti kehadiran suatu karyeawan. Teknologi baru sistem presensi menggunakan sidik jari dan menggunakan retina. Namun juga memiliki ketebatasan dalam penggunaannya yaitu apabila seseorang mengalami luka di jari maka sistem akan sulit untuk mengenali sidik jari tersebut.  Selain itu karyawan hanya dapat melakukan presensi di satu tempat saja dimana sidik jarinya telah terekam dan tersimpan dalam database dan tidak dapat  melakukan  presensi  di  tempat lain walaupun dalam satu instansi. Presensi menggunakan retina dan sidik jari akan mengurangi tingkat kecurangan, namun penggunaannya masih lagi memiliki  keterbatasan, yaitu hanya dapat dilakukan pada satu unit, dan presensi menggunakan retina dapat menggangu kesehatan mata  yang disebabkan  adanya radiasi langsung yang dialami oleh mata. Pada penelitian ini telah dikembangkan sistem presensi yang menggunakan teknologi RFID. RFID akan memanfaatkan sensor dalam membaca data. Penggunaan RFID yang dapat mempermudah bagi dosen dan mahasiswa pada Prohram Studi Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta dalam  memantau kehadiran dosen maupun presensi kehadiran mahasiswa dikelas. Penggunaan teknologi RFID baik aktif  maupun  pasif  adalah  dapat  membantu  pencatatan  dan  pemantauan data dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan, Pengunaan teknologi RFID, data akan terekan hanya dengan  melewati sensor pembaca yang ada tanpa melakukan kontak langsung dengan sistem  pembaca kartu dengan demikian data presensi akan tersimpan secara otomatis di server penyimpanan.  Dosen juga  dapat  melakukan  presensi pada tempat yang berbeda dalam  lingkungan kampus Sehingga presensi akan lebih  mudah untuk dilakukan, lebih cepat dan terhindar dari human error ataupun kecurangan dalam presensi. 

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Assa’idah, 2013, Desain Sistem Kehadiran Mahasiswa Berbasis Teknologi RFID(Radio Frequency Identification), Jurnal Penelitian Sains 6(1), JPS MIPA UNSRI Shelly G. B., Cashman T. J., Vermaat. M. E. 2007, Discovering Computers: Fundamental, 3th Edition, Salemba Infotek, Jakarta.

Fatoni Mochammad., Harianto., Wibowo Madha Christian., 2013, Rancang Bangun Absensi Mahasiswa Menggunakan RFID Dengan Komunikasi Terpusat, Journal of Control and Network Systems 2(1)

Harsono Djiwo, Sunardi Joko, & Biantara Desi, “Pemantauan Suhu Dengan Mikrokontroler Atmega8 Pada Jaringan Lokal”, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – BATAN Yogyakarta, 2009

Hartono, Jogiyanto. MBA, Ph.D. 1999. Analisis dan Desain Sistem Informasi: pendekatan Terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis.Yogyakarta: ANDI.

Matayane, Marlen Febriani,2008,Desain dan Implementasi Absensi Elektronik Menggunakan Barcode. (Studi Kasus pada Inspektorat Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat).

Mogot, Nino Zacharias, 2009,Aplikasi System Absensi Berbasis RFID (Radio FrequencyIdentification).

Nataliana, D., Wahyudi, H., Rusdiansyah, P. 2013. Perancangan dan Implementasi Pengendalian Kecepatan Motor DC Penguatan Terpisah Menggunakan Pwm Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535. Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung.

Perangin-angin, Kasiman. 2006. Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta :ANDI

Prastyawan, D., Purnama, B.E. dan Wardati, I.U. 2013. Implementasi Model Robot Edukasi Menggunakan Mikrokontroler Atmega8 Untuk Robot Pemadam Api. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security - ISSN: 2302-5700.

Roberti, M. 2012, What Are Contactless Smart Cards?, RFID Journal, 7 September 2012, diakses 1 Oktober 2012,

Siti. 2005. Proyek Desain Web Berbasis Grafis dengan Dreamweaver DAN Fireworks. Yogyakarta: ANDI

Sumiati Ruzita, “Analisis Pengendalian Motor DC Menggunakan Logika PID dengan Mikrokontroler atmega8535”, Teknik Mesin Politeknik Padang, 2009.

Spurgeon, C. 2000, Ethernet: The Definitive Guide, O’Reilly Media Inc., United States of America.

Tanembaum, A. S. 2006, Computer Networks, Fourth Edition, Pearson Education, New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.