EVALUASI PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA AJAR PENGENALAN BENDA SEKITAR PADA KELOMPOK BERMAIN

Eko Harry Pratisto, Fendi Aji Purnomo, Sahirul Alim Tri Bawono, Yudho Yudhanto

Abstract


Penelitian ini telah melakukan analisis penggunaan Augmented Reality (AR) untuk pembelajaran pada kelompok bermain dengan topik pengenalan benda secara 3D. Metode dalam penelitian ini adalah waterfall diawali dengan observasi, rancang bangun aplikasi dan pengujian aplikasi. Observasi dilakukan pada 2 tempat yaitu pada kelompok bermain Ayah Bunda dan Pos PAUD di Kecamatan Colomadu. Aplikasi dikembangkan menggunakan openspace. Pengujian aplikasi dilakukan secara black box, sedangkan analisis pengujian aplikasi terhadap daya tarik pengunjung dilakukan melalui  angket kuisioner dengan skala butir pertanyaan menggunakan skala Likert dalam 6 skala nilai. Responden yang mengisi angket kuisioner sejumlah 33 terdiri dari pengasuh dan wali murid. Tanggapan terhadap aplikasi diwujudkan dalam 5 aspek bernilai setuju-sangat setuju yaitu aspek ketertarikan terhadap aplikasi 93%, aspek kemudahan mendapatkan informasi 97%, aspek kemudahan navigasi 100%, aspek interaktifitas aplikasi 94%, dan aspek inovasi aplikasi 97%. 

References


Azuma, A. (1997). Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6, 4, 355 – 385, 1997. [Online] Available : http://www.cs.unc.edu/~azuma/ARpresence.pdf

Feng. Z, Henry, B.D, Mark, B. 2008 . Trends In Augmented Reality Tracking, Interaction And Display: A Review Of Ten Years Of ISMAR, Singapore : Nanyang Technology University.

Hidayat, Tonny. 2014. Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak. Citec Journal, Vol. 2, No. 1.

Kato. H., Billinghurst, M. Poupyrev, I. Tetsutani, N. dan Tachibana, K.2001. Tangible Augmented Reality, Nagoya, Japan : Proceedings of Nicograph.

Mustika, dkk. 2015. Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif . Citec Journal, Vol. 2, No. 4

Munir, 2012, Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Pangastuti, Ratna. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Persa. S., 2006. Sensor Fusion in Head Pose Tracking for Augmented Reality, Wöhrmann Print Service. [Online] Available http://homepage.tudelft.nl/c7c8y/Theses/PhDThesisPersa.pdf

Sebastian Rainsch.2007. Dynamic Strategic Analysis: Demystifying Simple Success Strategies (Wiesbaden: Deutscher Universitasts-Verlag) p.167.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.