IMPLEMENTASI UJI KORELASI UNTUK PENGUJIAN SUB KUNCI PADA ALGORITMA KRIPTOGRAFI BLOCK CIPHER PRESENT MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN C++

Faizal Achmad

Abstract


Kriptografi merupakan salah satu teknik dalam mengamankan suatu informasi berklasifikasi. Penerapan suatu aplikasi kriptografi dalam mengamankan suatu informasi tidak lepas dari pemilihan kekuatan algoritma kriptografi yang digunakan. Pada algoritma kriptografi block cipher, salah satu komponen pembangun yang harus diperhatikan adalah key schedule, untuk menghasilkan sub kunci yang digunakan pada proses enkripsi/dekripsi. Metode uji korelasi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menguji kekuatan algoritma kriptografi block cipher. Penelitian paper ini akan membuat implementasi pengujian korelasi menggunakan bahasa pemrograman C++, yang dterapkan pada block cipher PRESENT sebagai salah satu algoritma yang banyak digunakan saat ini. 

References


A. Bogdanov, L.R. Knudsen, G. Leander, C. Paar, A. Poschmann, M.J.B. Robshaw, Y. Seurin, dan C. Vikkelsoe. 2007. PRESENT: An Ultra-Lightweight Block Cipher.

Bruce Schneier. 2009, Applied Cryptography, Second Edition. John Wliey & Sons Inc

Menezes, J. Alfred et al. 1996, Handbook ofApplied Cryptography.

Niaz , Muhammad Saqib. 2007, Analysis and Design of Correlation Testing Methods for Expanded Subkeys. Sichuan University, P.R. China.

Stallings, William. 2005, Cryptography and Network Security Principles and Practices, Fourth Edition, Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.