DIAGNOSA TINGKAT KESEHATAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE

Hidayatulah Himawan, Oliver Samuel Simanjuntak, Agus Triawan

Abstract


Keadaan kesehatan merupakan keinginan tiap orang untuk selalu memiliki tingkat dan kualitas kesehatan yang baik. Munculnya berbagai gejala penyakit yang menyebabkan seseorag menderita suatu penyakit dapat diketahui secara dini. Untuk itu perlu adaya suatu aplikasi pendukung secara online baik berupa web online ataupun aplikasi lainnya yang bisa digunakan secara cepat dan tepat untuk diketahui, sebelum penyakit tersebut ditangani oleh orang yang ahli dibidangnya (dokter). Aplikasi ini untuk mendiagnosa tingkat kesehatan seseorang khususnya yang aktif sebagai perokok. Aplikasi ini menggunakan metode decision tree dengan kombinasi algoritma C.45 yang menggambarkan tingkat kualitas kesehatan seseorang akibat bahaya merokok yang ditimbulkan. Sampling diambil pada 70 orang pasien dengan metode wawancara dan kuesioner yang memberikan efek dan dampak serta kebiasaan dari pasien tersebut.  


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Edy Kurniawan, I Ketut Edy Purnama, Surya Sumpeno, “Analisa Rekam Medis untuk Menentukan Pola Kelompok Penyakit Menggunakan Klasifikasi dengan Decision Tree J4”, Institut Sepuluh Nopember, Surabaya.

Akbar Aji Anugraha, 2012, “Sistem Pakar Deteksi Bahaya Rokok Bagi Kesehatan” Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Angga Raditya, 2009, Implementasi Data Mining Classification untuk Mencari Pola Prediksi Hujan dengan Menggunakan Algoritma C4.5, Universitas Gunabangsa, Depok.

Ellyza Gustri Wahyuni dan Widodo Prijodiprojo, 2013 “Prototype Sistem Pakar untuk Mendeteksi Tingkat Resiko Penyakit Jantung Koroner dengan Metode Dempster-Shafer” , FMIPA UGM, Yogyakarta.

Wenny Widiastuti, Dini Destiani, Dhami Johar Damiri, 2012, ”Aplikasi Sistem pakar deteksi dini pada penyakitTuberkolusis”, Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Rachmawati, Dhami Johar Damiri, Ate Susanto, 2012, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Asma” Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Kusyogo Cahyo, Putri Asmita Wigati, Zahroh Shaluhiyah, 2012 “Rokok, Pola Pemasaran dan Perilaku Merokok Siswa SMA/Sederajat di Kota Semarang, Universitas Diponegoro Semarang.

Mamat, 2008, “Faktor-faktor resiko yang berpengaruh terhadap kejadian penyakit jantung koroner terhadap kelompok usia <45 Tahun”. Unoversitas Diponegoro Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.