RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN KONSELING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP SISWA

Lisna Zahrotun, Utaminingsih Linarti

Abstract


Kemajuan teknologi yang pesat serta pemanfaatannya yang luas membuka peluang bagi seluruh lembaga atau organisasi, Seperti halnya Sekolah Menengah Atas membutuhkan sebuah pengaksesan, pengelolaan, pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara efektif, efisien, cepat dan akurat. Hal tersebut telah memperkuat betapa pentingnya sebuah aplikasi yang dapat mengatasi berbagai masalah yang ada, karena ketertinggalan akan mengakibatkan terhambatnya kinerja dan rendahnya mutunya pelayanan. Salah satunya adalah system informasi bimbingan konseling, dimana system ini dapat mencatat perkembangan siswa selama melakukan studi di sekolah tersebut.

Dalam penelitian ini menggunakan model prototyping yang meliputi mendengar kebutuhan user, membuat suatu rancangan secara urut tentang penggunaan aplikasi dan mengujikan hasil implementasi kepada user. Sistem dibangun dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, serta database dengan Microsoft Access 2003. Hasil penelitian ini berupa perangkat lunak aplikasi sistem sistem informasi bimbingan konseling yang dapat mencatat data lengkap siswa, data persensi, data pelanggaran dan data permasalahan khusus siswa. Sehingga selama masa studi di sekolah perkembangan siswa dapat terkontrol dengan baik.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anni, C. T. (2012). Need Assesment Model Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar Berbantuan Sistem Informasi Manajemen Di SMA Negeri Kota Semarang. Educational Management, 1(1), 96–106. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

Cobia, D.C. & Handerson, D.A. 2003. Handbook of School Counseling. Upper Saddle River: Merrill Prentice Hall

Gysbers, N.C. & Handerson, P. 2006. Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program. Alexandria: American Counseling Association

Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kasih, P., & Lestari, Y. (2009). Aplikasi Penghitung Point Pelanggaran Siswa Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Bagi Badan Konseling Sekolah Dengan Simple Additive Weighting ( Studi Kasus : SMK N 1 Tanah Grogot-Kaltim ). Nusantara of Engineering, 2(1), 57–64.

Rangsang, P., & Adhitia, K. P. (2010). Pemanfaatan Teknologi SMS Gateway dan Metode Forward Chaining Pada Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling (Studi Kasus SMAK ST Thomas Aquino Mojokerto). In SNASTI (pp. 16–21).

Rustantiningsih. (2008). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar.

Sukardi. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah (p. 36). Jakarta: Rineke Cipta.

Yusuf, Syamsu, & Juntika, A. (2006). Landasan Bimbingan Dan Konseling. Bandung: Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.