KONSEPTUAL FRAMEWORK UNTUK PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN METODE GQM

Mardhiah Fadhli

Abstract


Konseptual framework yang diusulkan dalam penelitian ini berupa model konseptual yang merupakan gambaran proses pengukuran kualitas beserta tahapan yang dilakukan dalam pengukuran kualitas website sistem informasi akademik. Model konseptual yang sudah ada selama ini masih bersifat luas dan tidak spesifik pada domain tertentu. Terdapat banyak website yang dibangun oleh web developer, namun masih sedikit yang dibangun sesuai dengan kebutuhan pengguna. Salah satu website online dibidang pendidikan adalah sistem informasi akademik. Sistem informasi akademik merupakan layanan website oleh universitas dalam menyediakan informasi dan pengelolaan data-data akademik. Karakteristik dari sistem informasi akademik adalah academic content, periodic acccessibility, level of user authority, precission dan accurateness. Beberapa dari karakteristik tersebut kemudian dipetakan kedalam faktor-faktor kualitas yang diadopsi dari berbagai model,  seperti  ISO-9126, Website  quality  Model,  dan  academic website quality model. akademik. Hasil pemetaan tersebut memperoleh 5 faktor kualitas yang diusulkan untuk melakukan pengukuran kualitas, yaitu usability, functionality, content, efficiency dan reliability. Kelima faktor kualitas ini dijadikan sebagai tujuan pengukuran. Metode GQM digunakan untuk memperoleh metric internal agar menghasilkan pengukuran yang objektif dan kuantitatif. Metric-metric yang dihasilkan dari metode GQM divalidasi dengan menggunakan validasi empiris. Metric internal produk diterapkan dalam studi kasus sistem informasi akademik berbasis web universitas di Pekanbaru. Hasil validasi dari framework pengukuran yang dibangun adalah memiliki nilai baik pada faktor kualitas functionality, content dan reliability, dan nilai cukup pada faktor kualitas usability dan efficiency.


References


A. M. Aladwani and P. C. Palvia. 2002. “Developing and validating an instrument for measuring user-perceived web quality,” Inf. Manag., vol. 39, no. 6, pp. 467–476.

D. S. Elvandari. 2011. “Adaptasi Model DeLone dan McLean Yang Dimodifikasi Guna Menguji Keberhasilan Implementasi Aplikasi Operasional BANK Bagi Individu Pengguna,” UNIVERSITAS DIPONEGORO.

ISO. 2010. “ISO/IEC 9126-1: Software engineering -- Product quality -- Part 1: Quality model,”. [Online]. Available: http://www.iso.org/iso/catalogue_detail.htm?csnumber=22749.

L. Olsina and G. Rossi. 2002. “Measuring Web application quality with WebQEM,” IEEE Multimed. 9, pp. 20–29.

L. Olsina and G. Rossi. 2002. “A Quantitative Method for Quality Evaluation of Web Sites and Applications,” IEEE Multimed. 9, vol. 4, pp. 20–29.

L. Olsina, D. Godoy, G. Lafuente, and G. Rossi. 1999. “Assessing the quality of academic websites: a case study,” New Rev. Hypermedia Multimed., vol. 5, no. 1, pp. 81–103.

S. Barnes and R. Vidgen. 2000. “WebQual : An Exploration of Web-site Quality,” ECIS 2000 Proc., p. 74.

T. W. Mebrate. 2010. “A framework for evaluating Academic Website’s quality,” Delft University of Technology.

V. Davidavi and J. Tolvai. 2011. “MEASURING QUALITY OF E-COMMERCE WEB SITES : CASE OF LITHUANIA,” Econ. Manag. 16, pp. 723–729.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.