IMPLEMENTASI HILL CIPHER PADA CITRA MENGGUNAKAN KOEFISIEN BINOMIAL SEBAGAI MATRIKS KUNCI

Supiyanto Supiyanto

Abstract


Hill cipher merupakan sebuah teknik kriptografi klasik, yang menggunakan matriks sebagai kunci dalam proses meng-enkripsi dan men-dekrispsi pesan dengan tipe kunci yang digunakan adalah tipe kunci simetris. Hal ini menjadi keunggulan dalam algoritma hill cipher tapi kekurangannya, tidak semua matriks kunci yang digunakan untuk mengenkripsi plaintext mempunyai invers. Menggunakan matriks kunci yang tidak mempunyai invers, akan menyebabkan pesan hasil enkripsi tidak bisa didekripsi untuk menjadi pesan asli kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi kekurangan dari algoritma Hill Cipher yakni menentukan matrik kunci yang dijamin mempunyai invers atau dapat dibalik. Dan pada penelitian ini menggunakan Koefisien-koefesien Binomial Newton sebagai entri-entri dari matriks kunci. hasil penelitian ini berupa program aplikasi yang dapat digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi gambar menggunakan algoritma Hill Cipher dengan matriks kunci yang selalu mempunyai invers karena determinant dari matriks kunci ini sama dengan satu. Penyandian citra dengan Hill Cipher menunjukkan keteracakan warna yang cukup signifikan, hal ini menunjukkan bahwa proses enkripsi berhasil dengan baik.

References


Acharya, B. dkk,2009. Image Encryption Using Advanced Hill Cipher Algorithm, International Journal of Recent Trends in Engineering, Vol. 1, No. 1, May 2009

Anton, H. & Rorres, C., 2005, Elementary Linear Algebra, Applications Version, 9th Edition, New York: John Wiley & Sons.

Acharya B., dkk, 2007. Novel Methods of Generating Self-Invertible Matrix for Hill Cipher Algorithm, International Journal of Security, Vol 1, Issue 1, 2007, pp. 14-21.

Biggs, L. N, 2008. Codes: An Introduction to Information Communication and Cryptography, Springer Undergraduate Mathematics Series ISSN 1615-2085.

Imai H., dkk, 2002. Cyptography with Information Theoretic Security. Information Theory Workshop, 2002, Proceedings of the IEEE, 20-25 Oct 2002.

Ragab, A. H. M, dkk, 2014. Encryption Quality Evaluation of Robust Chaotic Block Cipher for Digital Imaging, International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE) 6 January 2014.

Rojali , 2011. Studi dan Implementasi Hill Cipher menggunakan binomial newton berbasis komputer. Prosiding pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, 3 Desember 2011.

Setyaningsih, E. dkk,2011. Konsep Super Enkripsi Untuk Meningkatkan Keamanan Data Citra, SNASTI 2011, ISLP-7.

Stinson, D.R., 1995, Cryptography Theory and Practice, Florida: CRC Press, Inc.

University of Florida, “How to Encipher and Decipher Codes using the Hill 2-Cipher,” Web. 8 Apr. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.