PENERAPAN FP-GROWTH DALAM PENJUALAN PERLENGKAPAN IBADAH UMAT MUSLIM

Muhammad Wildan Goni, Erip Suratno, Sitiyana Nursyi’ah, Dudih Gustian

Abstract


Abstract
Anugrah Shop is one of the shops that sells Muslim worship equipment, where the items sold include caps, sarongs, turban, kebat sides, koko clothes, mukena, prayer veils, shirts, ihram clothes and prayer beads. For approximately 18 years this shop has been operating, and the level of sales of goods has increased more and more. However, in the last 1 year there has been a problem, where the percentage of unsold goods was 60% compared to the goods sold as much as 40%. This condition certainly makes shops get less than optimal benefits, coupled with the effects of the Covid-19 pandemic which is very influential, especially decreasing people's purchasing power. In addition, the placement of goods is also irregular due to the accumulation of goods and no storage warehouse is available. Therefore, themethod is used FP Growth to analyze the pattern of combinations of goods sold and unsold, so that it is expected to increase the percentage of sales which has been a problem. The results of this research can find the most sold products, namely the cap, koko shirt and sarong. The conclusion is that the products of the cap, koko shirt, sarong with avalue of support 21.9% and avalue of confidence 90.60%.
Keywords: Muslims, Covid-19, FP-Growth, support, confidence

Toko Anugrah merupakan salah satu toko yang menjual perlengkapan ibadah umat muslim, dimana barang yang dijual antara lain peci, sarung, sorban, samping kebat, baju koko, mukena, sejadah, kerudung, kemeja, baju ihram dan tasbih. Selama kurang lebih 18 tahun toko ini beroperasi, dan tingkat penjualan barang pun bertambah semakin banyak. Namun dalam satu tahun terakhir terjadi permasalahan, dimana persentase barang yang tidak terjual sebanyak 60% berbanding barang yang terjual sebanyak 40%. Kondisi ini tentunya membuat pihak toko mendapatkan benefit yang kurang maksimal, ditambah dengan efek pandemi Covid-19 yang sangat berpengaruh terutama menurunnya daya beli masyarakat. Selain itu penempatan barang juga tidak beraturan yang diakibatkan penumpukan barang dan belum tersedia gudang penyimpanan. Oleh karena itu digunakan metode FP Growth untuk menganalisa pola kombinasi barang yang terjual dan tidak terjual, sehingga diharapkan dapat meningkatkan persentase penjualan yang selama ini menjadi masalah. Hasil penelitian inilah dapat ditemukannya produk yang paling banyak terjual yaitu peci, baju koko dan sarung, dengan menghasilkan kesimpulan bahwa produk peci, baju koko, sarung dengan nilai support 21,9% dan nilai confidence 90,60%.
Kata kunci : Umat muslim, Covid-19, FP-Growth, support, confidence


Keywords


Muslims; Covid-19; FP-Growth; support; confidence

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2018). Rekomendasi Paket Produk Guna Meningkatkan Penjualan Dengan

Metode FP-Growth. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 4(1),

https://doi.org/10.23917/khif.v4i1.5794

Aditiya, R., Defit, S., & Nurcahyo, G. W. (2020). Prediksi Tingkat Ketersediaan Stock Sembako

Menggunakan Algoritma FP-Growth dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Informatika

Ekonomi Bisnis, 2, 67–73. https://doi.org/10.37034/infeb.v2i3.44

Astrina, I., Arifin, M. Z., & Pujianto, U. (2019). Penerapan Algoritma FP-Growth dalam

Penentuan Pola Pembelian Konsumen pada Kain Tenun Medali Mas. Matrix : Jurnal

Manajemen Teknologi Dan Informatika, 9(1), 32. https://doi.org/10.31940/matrix.v9i1.1036

Erwansyah, K. (2019). Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Hubungan Data

Penjualan Produk Bahan Kimia Terhadap Persedian Stok Barang Menggunakan Algoritma

FP ( Frequent Pattern ) Growth Pada PT . Grand Multi Chemicals. Jurnal Teknologi

Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD (J-SISKO TECH), 2(2), 30–40.

Gustian, D., Rustaman, K., & Nurfitri, A. (2019). Pemantauan Pola Pengunjung Perpustakaan

Dengan Metode FP-Growth Guna Meningkatkan Fungsi Perpustakaan. Informatics For

Educators And Professionals, 3(2), 149–160.

Januismanto, A. B. (2014). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TOKO BUKU READING LIGHTS [UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG]. https://123dok.com/document/7qvx33ly-perancangan-media-promosi-toko-buku-reading-lights.html#reference-content

Larasati, D. P., Nasrun, M., & Ahmad, U. A. (2015). Analisis Dan Implementasi Algoritma Fp-Growth Pada Aplikasi Smart Untuk Menentukan Market Basket Analysis Pada Usaha Retail (Studi Kasus Pt X). E-Proceeding of Engineering, 2(1), 749–755.

Lestari, Y. D. (2017). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Fp-Tree Dan Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Obat. Snastikom, 60–65. https://doi.org/10.31227/osf.io/t93uv

Nastuti, A., & Harahap, S. Z. (2019). Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako Dan Kebutuhan Harian Dengan Menggunakan Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus Di Ulfamart Lubuk Alung). Jurnal Informatika, 7(3), 111–119. https://doi.org/10.36987/informatika.v7i3.1381

Nasution, L. S., Maya, W. R., & Halim, J. (2020). Data Mining Untuk Menganalisa Pola Pembelian Perak Dengan Menggunakan Algoritma Fp-Growth Pada Toko Emas Dan Perak Adi Saputra Tanjung. 3(2), 96–107.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.