PEMANFAATAN DATA SCIENCE DAN TEKNOLOGI LBS DALAM OPTIMALISASI PEMASARAN ONLINE PADA IKM

Authors

  • Astrid Lestari Tungadi Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Atma Jaya Makassar
  • Samuel Michael Liem Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Atma Jaya Makassar
  • Rolland Vincentsius Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Atma Jaya Makassar
  • Willy Willy

Keywords:

Data Science, LBS, IKM

Abstract

The current situation of the COVID-19 pandemic, there are 64% of Small and Medium Industries (IKM) which have a low level of productivity (CNBC Indonesia), because online marketing has not been maximized. According to Accenture Research (2020), as many as 44% of consumers are still not comfortable traveling to public places. This makes it difficult for IKM to market products and services offline. Therefore, this research was conducted with the aim of designing a prototype that utilizes data science to assist data processing and providing information on SMI advertising to consumers according to the location points around them using Location Based Service (LBS) technology. This prototype is expected to assist SMIs in increasing their productivity through marketing products or services that are more targeted (effective) and efficient
Keywords : Data Sciense, LBS, IKM


Situasi pandemi COVID-19 saat ini terdapat 64% Industri Kecil dan Menengah (IKM) memiliki tingkat produktivitas yang rendah (CNBC Indonesia), karena belum maksimalnya pemasaran secara online. Menurut Accenture Research (2020), sebanyak 44% konsumen masih belum nyaman untuk bepergian ke tempat publik. Hal ini menyebabkan sulitnya IKM untuk memasarkan produk maupun jasa secara offline. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan merancang prototype yang memanfaatkan data science untuk membantu pengolahan data dan memberikan informasi mengenai periklanan IKM kepada konsumen sesuai titik lokasi di sekitar mereka menggunakan teknologi Location Based Service (LBS). Prototipe ini diharapkan dapat membantu IKM dalam meningkatkan produktivitasnya melalui pemasaran produk atau jasa yang lebih tepat sasaran(efektif) dan efisien
Kata Kunci : Data Sciense, LBS, IKM

References

Aqsa, M. 2018. Pengaruh Iklan Online Terhadap Sikap dan Minat Beli Konsumen Secara Online di Kota Palopo (Survei pada Pengguna Internet di Kota Palopo). ISSN 2443-1109, pp. 83.

Davis, S. & Toney, L. 2020. How Coronavirus (COVID-19) Is Impacting Ecommerce. Roi Revolution. https://www.roirevolution.com/blog/2020/11/coronavirus-and-ecommerce/, diakses 16 November 2020.

Brodie, M.L. 2019. What Is Data Sciense?. Pp. 3-4.

Mesquita, M.D.S. 2019. Introduction to Data Science. NORCE, Norwegian Research Centre, pp. 3-4

Downloads

Published

2020-12-15