PENGARUH BELAJAR DARI RUMAH (BDR) TERHADAP PRESTASI SISWA DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA DI MASA PANDEMI COVID-19

Wildan Riswandi, Dede Irwan, Enti Sulastri, Dudih Gustian

Abstract


Abstract
During the Covid-19 pandemic, the government made new rules, namely students are required to do Learning From Home (BDR) to break the chain of transmission of the virus. Online learning is also carried out so that teaching and learning activities in schools continue. With online class activities, students experience several obstacles to maximize their performance at school. The obstacles experienced include the influence of the level of effectiveness and interest in student learning, this can be seen from the significant decrease in the overall report card scores between before and during the Covid-19 pandemic. This study uses Multiple Linear Regression to analyze the influence of each independent variable on the fixed variable to perform several hypothesis tests. By using primary data such as distributing questionnaires and secondary data such as archives from related agencies. For taking samples from a population using simple random sampling technique with a sample of 89 samples. The results of this research method are hypothesis testing using the F test that the variables of infrastructure, intermediary media, time learning, material understanding, discussion communication patterns, and the environment have an effect on student achievement during the Covid-19 pandemic. The T test shows that the most influential variable is the intermediary media t = 4,610, the communication discussion pattern t = 5,953 and the environment t = 2,869.
Keywords: Learning From Home, Covid-19, Multiple Linear Regression


Pada masa pandemi Covid-19 berlangsung pemerintah membuat aturan baru yaitu siswa diharuskan melakukan Belajar Dari Rumah (BDR) untuk memutus rantai penularan virus tersebut. Pembelajaran secara online pun dilaksanakan agar kegiatan belajar mengajar di sekolah tetap berlangsung. Dengan adanya kegiatan kelas online, beberapa kendala dialami oleh para siswa untuk memaksimalkan prestasinya di sekolah. Kendala yang dialami antara lain berpengaruhnya tingkat efektifitas dan minat belajar siswa, hal tersebut dapat dilihat dari penurunan secara signifikan hasil nilai rapot secara keseluruhan antara sebelum dan saat pandemi covid-19 berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode Regresi Linier Berganda untuk menganalisa dari masing-masing pengaruh variabel bebas terhadap variabel tetap untuk melakukan beberapa uji hipotesis. Dengan menggunakan data primer seperti penyebaran kuesioner dan data sekunder seperti arsip-arsip dari instansi terkait. Untuk pengambilan sampel dari sebuah populasi yaitu menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel yang berjumlah 89 sampel. Hasil dari metode penelitian ini terdapat uji hipotesis yang menggunakan uji F bahwa variabel sarana prasarana, media perantara, waktu pembelajaran, pemahaman materi, pola diskusi komunikasi, dan lingkungan berpengaruh pada prestasi siswa di masa pandemi covid-19. Adapun uji T bahwa variabel yang paling berpengaruh yaitu media perantara t= 4,610, pola diskusi komunikasi t= 5,953, dan lingkungan t=2,869.
Kata Kunci: Belajar Dari Rumah, Covid-19, Regresi Linear Berganda


Keywords


Learning From Home; Covid-19; Multiple Linear Regression

Full Text:

PDF

References


Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ENREKANG Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Girsang, C. M. (n.d.). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Regulasi. Retrieved November 22, 2020,from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Mona, M. G., Kekenusa, J. S., & Prang, J. D. (n.d.). Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa Studi Kasus : Petani Kelapa Di Desa Beo , Kecamatan Beo Kabupaten Talaud The Use of Multivariate Linear Regression to Analyse Income of Coconut Farmer Case Study : Coconut Farmer in Beo Village , Beo Sub-District , Talaud Regency.

Manado, P. K. (2017). ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PASAR TRADISIONAL (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PASAR PINASUNGKULAN KAROMBASAN MANADO), 5(2), 2367–2374.

Mona, M. G., Kekenusa, J. S., & Prang, J. D. (n.d.). Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa Studi Kasus : Petani Kelapa Di Desa Beo , Kecamatan Beo Kabupaten Talaud The Use of Multivariate Linear Regression to Analyse Income of Coconut Farmer Case Study : Coconut Farmer in Beo Village , Beo Sub-District , Talaud Regency.

Suyitno, P. P. W., & Herlawati. (2015). Metode Regresi Linier Berganda Kualitas Super Member Supermall Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Pada Supermall Karawang. Bina Insani Ict Journal, 2(2), 101–116.

Haslinda, & Muhammad, J. (2016). Pengaruh Perencanaan Anggaran Dan Evaluasi Anggaran Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Standar Biaya Sebagai Variabel Moderating Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, II(1), 1–21


Refbacks

  • There are currently no refbacks.