PENERAPAN REGRESI LINIER BERGANDA DALAM KESIAPAN KERJA MAHASISWA
Abstract
Abstract
Work readiness is very important for college graduates, where college graduates will find it faster and easier to get the desired job if they have good work readiness in accordance with their fields. Problems occur in the field, namely that every year the number of undergraduate unemployment continues to increase due to lack of soft skill and hard skill. Based on the results of distributing questionnaires to students of the 2017 ABC University SI Study Program, their soft skills and hard skills are still insufficient, so that only 37% of students work according to their fields. The purpose of this study is to find out how much influence soft skills and hard skills have on readiness student work. The method used is multiple linear regression which can see the prediction of the readiness of students who will later work and be entrepreneurial, and also this method can facilitate this research in calculating the influence of soft skills and hard skills on student work readiness so that it can provide input to the party. study programs to provide a curriculum that suits their needs, while on the part of students the willingness to equip their skills and potentials. The results of research using the F test and the t test show that soft skills and hard skills simultaneously have a significant effect on readiness. The work of students of the 2017 Nusa Putra Information System Study Program was 0.373, which was 37.3%.
Keywords: Soft Skill, Hard Skill, and Multiple Linear Regression
Kesiapan kerja merupakan hal yang sangat penting bagi lulusan perguruan tinggi, dimana lulusan perguruan tinggi akan lebih cepat dan mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan jika memiliki kesiapan kerja yang baik sesuai dengan bidangnya.Masalah terjadi dilapangan yaitu setiap tahunya jumlah pengangguran Sarjana terus meningkat dikarenakan kurang memiliki soft skill dan hard skill. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Prodi SI Universitas ABC angkatan 2017, soft skill dan hard skill mereka masih kurang cukup, sehingga hanya 37% mahasiswa yang bekerja sesuai bidangnya.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh soft skill dan hard skill terhadap kesiapan kerja mahasiswa.Metode yang digunakan ialah regresi linier berganda yang dapat melihat prediksi kesiapan mahasiswa yang nantinya akan berkerja maupun wirausaha,dan juga metode ini dapat memudahkan penelitian ini dalam mengitung besarnya pengaruh soft skill dan hard skill terhadap kesiapan kerja mahasiswa sehingga dapat memberikan masukkan pada pihak program studi untuk membekali dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, sedangkan dari pihak mahasiswa kemaunan untuk membekali dengan skill dan potensi yang dimiliki.Hasil penelitian dengan menggunakan uji F dan uji t menunjukkan bahwa soft skill dan hard skill secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa Prodi Sistem Informasi nusa Putra Angkatan 2017 sebesar 0,373 sama dengan 37,3%.
Kata Kunci: Soft Skill, Hard Skill, dan Regresi Linier Berganda
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmy Azizi Linda, 2015. Profil Kompetensi Hard Skill dan Kompetensi Soft Skill Siswa Jurusan Tata Boga di SMK N 3 Magelang Dalam Praktek Industri di Hotel”, Fakultas Teknik, Universitas Yogyakarta.
Faizal Alam Islami, 2012. Pengaruh Soft Skill terhadap kinerja karyawan.
Juriah, 2017. Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa UIN WALISONGO SEMARANG
Kuswati. 2015 .Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Mahasiswa Menjadi Bidan. Jurnal Ilmu Kebidanan Indonesia. Vol. 05 No.04.
Novia Lucas Chayadi, Novianti Kresna Darmasetiawan,2017.Pengaruh Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Ekonomi Asean pada mahasiswa Universitas Surabaya. ,”Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya,Vol.6 No.2.
Ni Kadek Sirnawati Singaraja,Juni, 2014.Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Mampu Meningkatkan Soft Skills dan Hard Skills Mahasiswa?.Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Jumanika, Volume 3, No 2,
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: ALFABETA.
Tegar et al., 2014 “Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kecenderungan Keinginan Pemilihan Bidang Kerja Melalui Kepercayaan Diri Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember)”, dalam Artikel Ilmiah Mahasiswa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.