PERANCANGAN MOTOR LISTRIK BLDC TIPE HUB 1000W UNTUK PENGGERAK SEPEDA MOTOR

Immawan Insani, Gesang Nugroho

Abstract


Abstrak
Meningkatnya konsumsi energi tidak dapat dihindari karena berkembangya kegiatan ekonomi dan meningkatnya jumlah penduduk. Bahan bakar minyak (BBM) merupakan sumber energi yang paling dominan dan transportasi merupakan sektor pengguna BBM yang paling besar. Untuk mengurangi peningkatan kunsumsi BBM dan untuk mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, maka kendaraan listrik merupakan salah satu solusinya. Kendaraan listrik menggunakan motor listrik sebagai penggerak dimana ia berfungsi sebagai pengubah energi listrik yang tersimpan dalam baterai menjadi energi mekanik untuk memutar roda kendaraan. Pada penelitian ini dilakukan perancangan motor Brush Less Direct Current (BLDC) sebagai pengerak sepeda motor, Motor BLDC memiliki komponen utama yaitu stator dan rotor. Perancangan komponen motor BLDC ini dilakukan dengan perhitungan analitis dan dengan software solidworks. Motor listrik yang dirancang ini menggunakan BLDC HUB dengan spesifikasi yaitu untuk daya 1000 Watt dan frekuensi tegangan input 50 Hz dan kecepatan putar 500 rpm dengan baterai SLA 12V 20 Ah dirangkai seri 4 menjadi 48V serta jenis magnet yang digunakan adalah neodymium N35 dan Airgap 1mm . Hasil perancangan diperoleh jumlah kumparan di stator sebanyak 18 kumparan, 62 lilitan per fasa dan jumlah fasa 3. Dimensi fisik stator berupa susunan plat setebal 20 mm, tersusun dari plat setebal 2 mm per plat. Besar arus yang akan mengalir di lilitan stator sebesar 14,49 A. dimensi akhir motor memiliki lebar 116 mm dan diameter luar 250 mm. Model motor listrik BLDC HUB ini dapat disesuaikan dengan bentuk tromol sepeda motor dengan diameter roda 14 inci.
Kata Kunci : BLDC HUB,rotor, stator, perancangan.


Keywords


BLDC HUB; rotor; stator; perancangan

Full Text:

PDF

References


Bashir Sheikh, Priti. S. 2016. Manware Brushless DC Motor Design for Electric Traction System. Journal for Research.

N. Srivastava. 2014. Design Of 3-phase BLDC Motor For Electric Vehicele Aplication By using Finite Element Simulation.IJETAE.

Pei feng Xu, Kai Shi, Yuxin Sun, & Huang qiu Zhua. 2017. Effect of pole number and slot number on the performance of a double rotor permanent magnet wind power plant using ferrite magnets.AIP Advances 7, 056631

Samsul Hidayat, Mochamad Ashari, & Dedet Candra Riawan. 2013. Perancangan dan Pembuatan Motor Induksi Fluks Aksial Tiga Fasa Satu Stator-Satu Rotor Untuk Kendaraan Listrik. JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 1, No.1.2013.1-7.

Purwito & Ruslan. 2017. UNJUK KERJA REWINDING MOTOR INDUKSI DENGAN ISOALASI BELITAN STATOR BERBEDA, Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M) 2017 pp.39-44.

Joni Irfan & Amir Hamzah. 2019. DISAIN DAN SIMULASI GENERATOR MAGNET PERMANEN 3 PHASA MENGGUNAKAN SOFTWAWRE MAGNET UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN KECEPATAN RENDAH. Jom FTEKNIK Volume 6 Edisi 1 Januari s/d Juni 2019.

Muhammad Taufiq Ridhwan. 2012. DESIGN AND IMPLEMENTATION OF POWER DRIVER BRUSHLESS DIRECT CURRENT MOTOR 350W/48V. Teknik elektro. ITB. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.