PENGGUNAAN METODE REGION GROWING DALAM SEGMENTASI CITRA TANAH PADA AREA JALUR KERETA API STASIUN PORONG-TANGGULANGIN

Teguh Arifianto, Sunardi Sunardi

Abstract


Abstrak
Bencana banjir yang terjadi jalur kereta api Porong-Tanggulangin tepatnya di antara Stasiun Porong hingga Stasiun Tanggulangin Sidoarjo pada tanggal 26 November 2017 menyebabkan perjalanan kereta api dari dan menuju Malang dan Daop 9 Jember terganggu. Hal ini disebabkan karena hujan lebat di wilayah tersebut. Petak ini sering terendam banjir akibat tanah yang dilalui rel tersebut ambles dikarenakan efek dari bencana lumpur lapindo yang melanda Porong sejak 2006 silam.
Untuk mengetahui petak tersebut terendam banjir akibat tanah yang ambles, penulis melakukan sebuah penelitian tentang segmentasi tanah di sekitar rel Stasiun Porong hingga Stasiun Tanggulangin. Salah satu tahapan penting pada segmentasi tanah adalah proses pengolahan citra tanah yaitu citra akuisi, proses preprocessing, dan segmentasi tanah menggunakan metode region growing. Metode region growing adalah metode yang digunakan untuk mensegmentasi citra dimulai dari beberapa pixel yang kemudian berkembang ke seluruh citra.
Pengambilan citra akuisi dilakukan dengan pemrosesan terhadap citra tanah yang diambil menggunakan drone dengan titik-titik yang telah diberi tanda sebanyak 160 citra dengan ketinggian 50, 100, 150, dan 200 meter dari permukaan tanah. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini menggunakan ukuran 1280x960 piksel dan nilai threshold 15 dengan ketinggian 50 meter adalah nilai akurasi rata-rata terbaik yaitu 87,5%.
Kata Kunci : Jalur kereta api, Stasiun Porong, segmentasi tanah, metode region growing

 

Keywords


Jalur kereta api; Stasiun Porong; segmentasi tanah; metode region growing

Full Text:

PDF

References


Arifianto, T., 2017, Segmentasi Aksara pada Tulisan Aksara Jawa Menggunakan Adaptive Threshold, SMATIKA Jurnal, vol.7, no.1, pp.1-5.

Ditalia, V., Hidayat, B., Sa’idah, S., 2019, Deteksi Lebar Daerah Aliran Sungai Citarum Berdasarkan Pengolahan Citra Melalui Google Earth Menggunakan Metode Region Growing, e-Proceeding of Engineering, vol.6, no.2, pp.3853- 3862.

Gonzales, R.C. and Woods, R.E., 2008, Digital Image Processing 3rd Ed., Pearson Prentice Hall: New Jersey.

Lahousse, T., Chang, K. T., and Lin, Y. H., 2011, Landslide mapping with multi-scale object-based image analysis – a case study in the Baichi watershed, Taiwan, Natural Hazards Earth System Sciences, pp.2715–2726.

Mustikareni, C. L., 2015, Segmentasi Objek Bangunan pada Citra Satelit dengan Morphological Gradient Berbasis Watersheed Transform, Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.