Ecoprint dan Pengelolaan Media Sosial Pemasaran pada Kelompok Ibu-ibu PKK RW 03/RT 01, Demangan Yogyakarta

Frans Richard Kodong, Juwairiah Juwairiah, Vynska Amalia Permadi, Riza Prapascatama Agusdin

Abstract


Abstract
The PKK Driving Team (Empowerment of Family Welfare) runs from the central level to the village / kelurahan level, the PKK is managed and driven by the PKK Driving Team chaired by the wife of the Regional Leadership. At the smallest level, the PKK program can be developed by groups of PKK RW and RT mothers. One of the steps to increase the empowerment of village communities is the PKK RT 01 RW 03 Demangan Yogyakarta Women's Group since 2017 has formed an environmentally friendly fabric making business, where in its implementation the business involves community members so they can carry out a productive business that utilizes or processes materials -Natural / organic ingredients to produce environmentally friendly fabric products. In accordance with the development of information and communication technology, social media can become a reliable marketing medium. This paper will discuss about community economic empowerment and also how to use social media for online marketing. The approach is carried out by stages; the process of finding solutions to existing problems, discussion of the needs of social media to PKK group managers, is carried out by providing assistance in order to increase the capacity of administrators (in particular) and members (in general) to empower the community's economy, increase quantity and quality production tools, as well as product promotion and marketing.
Keywords : PKK, Bussines, Fabric, Marketing


Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) berada di tingkat pusat sampai dengan desa/kelurahan, PKK dikelola dan digerakkan oleh Tim Penggerak PKK yang diketuai oleh isteri Pimpinan Daerah. Pada tingkat yang terkecil pun program PKK dapat di kembangkan oleh kelompok ibu-ibu PKK RW maupun RT. Salah satu langkah peningkatan pemberdayaan masyarakat desa maka Kelompok Ibu-Ibu PKK RT 01 RW 03 Demangan Yogyakarta sejak tahun 2017 telah membentuk suatu usaha pembuatan kain ramah lingkungan, dimana dalam pelaksanaannya usaha tersebut melibatkan warga masyarakat agar dapat melakukan suatu usaha produktif yang memanfaatkan atau mengolah bahan-bahan alami/organik untuk menghasilkan produk kain ramah lingkungan. Sesuai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, media sosial mampu menjadi media pemasaran yang handal. Paper ini akan membahas tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat dan juga bagaimana memanfaatkan media sosial untuk pemasaran daring (online marketing). Pendekatan diakukan dengan tahap ; proses pencarian solusi terhadap permasalahan yang ada, diskusi terhadap kebutuhan media sosial kepada pengurus Kelompok ibu-ibu PKK, dilakukan dengan memberikan pendampingan dalam rangka peningkatan kemampuan kepada pengurus (pada khususnya) dan anggota (pada umumnya) untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, meningkatkan kuantitas dan kualitas alat produksi, serta promosi dan pemasaran produk
Kata Kunci : PKK, Usaha, Kain, Pemasaran


Keywords


PKK; Bussines; Fabric; Marketing

Full Text:

PDF

References


Handi M.R., Gede S.D.. 2018. Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Sosial Media Instragram, Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 15 No. 2, ISSN 1829-8484, ndiknas Graduate Denpasar Bali.

Indika D.R., Jovita C., 2017, Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen, Jurnal Bisnis Terapan, ISSN 2580-4928, Vol. 1, No. 1, UNPAD Bandung.

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul. 2004. Dasar Pemrograman Java 2, Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul. 2004. Dasar Pemrograman Web Dinamis dengan JSP(Java Server Page), Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul. 2009. Dasar Perancangan & Iimplementasi Database Relational, Andi, Yogyakarta.

Kotler, Philip., Armstrong, Gary. 2004. Principles of Marketing. 10th edition, Prentice Hall, New Jersey.

Kurniawan, Yohanes., 2010 E-Marketing Sebagai Alat Bantu Dalam Memperluas Segmen Pasar.

Untari D., Widya C. 2018. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Diskriptif pada akun @subur_batik), Vol. 2 No. 2, Widya Cipta, Jurnal Sekretari dan Manajemen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.