Usability Evaluation Of Tokopedia.Com And Blibli.Com Websites Using the Webuse Method

Sion Anggelo Sinaga, Henri Pratama Purba, Leonardo Saputra Sianturi, Rin Rin Meilani Salim, Handoko Handoko

Abstract


E-commerce merupakan proses pembelian dan penjualan secara elektronik yang dapat memudahkan bertransaksi dengan mudah. Tokopedia.com dan Blibli.com merupakan salah satu dari masing-masing contoh e-commerce transaksi elektronik. Namun kedua website tersebut masih belum memiliki tingkat usability yang maksimal serta dapat mengurangi kenyamanan pengguna ketika berinterkasi. Penilitian ini bertujuan untuk membandingkan kedua website dalam aspek usability yang akan lebih memudahkan pengguna ketika berinteraksi. Evaluasi kedua website tersebut menggunakan metode Webuse dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 4 kategori yaitu [4] : (1) content, organisation, and readability, (2) navigation and links, (3) user interface design, dan (4) performance and effectiveness. Populasi yang akan menjadi sampel adalah mahasiswa/I Mikroskil Jurusan Sistem Informasi yang telah mengunjungi website Tokopedia.com dan Blibli.com. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kedua website berada pada level usability good. Pada Kategori content, organisation, and readability, navigation and links, dan performance and effectiveness Tokopedia lebih unggul dibanding Blibli.com dan pada kategori user interface design memiliki hasil yang sama antara website Tokopedia.com dan Blibli.com.

Keywords


usability; e-commerce; webuse

Full Text:

PDF

References


I. K. Dewi, Y. T. Mursityo, and R. R. P. Mardi, 2018, Analisis Usability Aplikasi Mobile Pemesanan Layanan Taksi Perdana Menggunakan Metode Webuse dan Heuristic Evaluation, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 8, pp. 2909–2918.

M. Pradana, 2016, Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia, Modus, vol. 27, no. 2, p. 163.

R. F. A. Aziza, 2019, Analisa Usability Desain User Interface Pada Website Tokopedia Menggunakan Metode Heuristics Evaluation, Jurnal Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, p. 7.

A. L. T. Adinegoro, R. I. Rokhmawati, and H. M. Az-Zahra, 2018, Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-commerce Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id), Jurnal Pengembengan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 11, pp. 5862–5870.

R. Abadiyah, 2016, Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Bank di Surabaya, JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), vol. 2, no. 1, p. 49.

I. Alwi, 2015, Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir, Form. Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA, vol. 2, no. 2, pp. 140–148.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.