Peran Mediasi Kepercayaan Pada Pengaruh Kualitas Website Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Ulang Di Tokopedia Oleh Konsumen Online Generasi Milenial Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Maria Dwisakti Nettilin Watu, Haddy Suprapto, Dyah Sugandini

Abstract


This study aims to analyze the mediating role of trust on the influence of website quality and E-WOM on the repurchase intention at Tokopedia by online consumers of millennial generation in D.I. Yogyakarta. This type of research is quantitative research. The sample in this study is part of the online consumers of millennial generation in D.I. Yogyakarta who have made a purchase at Tokopedia in the last 6 months with a minimum of twice purchases on Tokopedia. The sampling technique used purposive sampling, the data collection method in this study used a questionnaire. Questionnaires were distributed online using google form to 100 respondents. The data analysis technique in this study uses Partial Least Square (PLS) with the SmartPLS 3.3.3 software application. The results show that 1) website quality has a direct effect on repurchase intention, 2) E-WOM has a direct effect on repurchase intention, 3) website quality affects repurchase interest with trust as a mediating variable and 4) E-WOM has an effect on repurchase interest with trust as a mediating variable.

Keywords


Website Quality; E-WOM; Trust; Repurchase Intention; Millennial Generation.

Full Text:

PDF

References


Agus Widarjono. 2015. Statistika Terapan Dengan Excel & SPSS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Ali Hasan. 2018. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Media Pressdindo. Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia. 2019. Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2018. APJII, diakses dari https://apjii.or.id pada tanggal 10 Januari 2021. Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia. 2019-2020 (Q2). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2019-2020 (kuartal II), APJII, diakses dari https://apjii.or.id pada tanggal 10 Januari 2021. Basrah Saidani, Lisa Monita Lusiana, & Shandy Aditya. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol. 10 (2): 425-444.

Christian Boris, Sebastian & Mauro Jose De Oliveira. 2015. The most optimal way to dealwith negative consumer review: Can positive brand and customer responsesrebuild product purchase intentions, Internet Research, Vol 29 (1): 104-122. Dany Setya WIjaya. 2019. Pengaruh Harga, Word of Mouth dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Citra Perusahaan, Skripsi Tesis. Surabaya: STIESIA. Didik Dwi Arifin, Istiatin Istiatin, & Eny Kustiyah. 2020. Electronic Word of Mouth, Gaya Hidup dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Go-Food (Studi Kasus pada Tenaga Kependidikan Universitas Islam Batik Surakarta), Jurnal Ilmiah Edunomika, Vol. 4 (2). Erika Aulia Putri & Ari Pradhanawati. 2021. Pengaruh E-WOM terhadap Repurchase Intention Melalui E-Trust Sebagai Mediasi pada Konsumen Tiket Kereta Api DI KAI Access (Study Pelanggan Kereta Argo Sindoro Jurusan Semarang-Jakarta pada KAI Access Kota Semarang), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 10 (1): 664-671. Fajar Permadi & Nanang Suryadi. 2019. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan (Studi Pada Pengunjung Situs Tokopedia.com), Skripsi Tesis. Malang: Universitas Brawijaya. Galuh Novinda. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Websiteter hadap Kepuasan, Kepercayaan dan Niat Pembelian Kembali (Studi Pada Toko Onlineblibli.Com), Skripsi Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro. Ibnu Widiyanto. 2008. Pointer Metodologi Penelitian. Semarang: Badan Peneerbit Universitas Diponegoro. IDN Research Institute. 2020. Indonesia Milenial Report 2020. Diakses dari https://cdn.idntimes.com pada tanggal 10 Januari 2021. Imam Ghozali dan Hengki Laten. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Metode dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.1 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP. Jenifer Katherine Tanjung. 2019. Peran Mediasi Kepercayaan pada Pengaruh Kualitas Website, Perceived Benefit, E-WOM, Keamanan Terhadap Minat Beli Ulang Secara Online (Studi pada Konsumen Lazada di Yogyakarta), Skripsi Tesis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Jennifer Felicia & Monica Oktavia. 2018. Pengaruh Kualitas Website terhadap Kepercayaan Pelanggan dalam Menentukan Minat Pembelian Ulang pada Traveloka, Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. Vol. 6 (2). Joe Hair, Marko Sarstedt, & Lucas Hopkins. 2017. Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool for Business Research, European Business Review, Vol. 26 (2): 106-121. Mukhammad Askhabul Kahfi. 2019. Pengaruh Kualitas Website dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Situs Shopee (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang), Skripsi Tesis. Malang University of Muhammadiyah.

Lyons, S. 2004. An exploration of generational values in life and at work, Dissertation Abstracts International, 3462A (UMI No. AATNQ94206). Tisia Priskila & Angel Priskila. 2019. Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) dan Kualitas Pelayanan (Servqual) Online to Offline (O2O) Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Minat Pembelian Ulang, Jurnal Manajemen, Vol. 16 (2): 109-126. Uma Sekaran & Roger Bougie. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1. Jakarta Selatan: Salemba Empat. Uma Sekaran & Roger Bougie. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 2. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

W. Abdillah & Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.