PEMANFAATAN NCTDATACDWRITER2. DLL (DYNAMIC LINK LIBRARY) UNTUK BACKUP DATA

Sarman Sarman, Zahroh Khomsiyati

Abstract


Aplikasi berskala makro dan dibuat oleh team biasanya menggunakan DLL. Untuk mengubah sebagian dari aplikasi tersebut, cukup dengan mengubah DLLnya saja. Sehingga program tidak perlu diubah selurunhya. Selain itu penggunaan DLL akan memperingan kerja komputer saat building, dikarenakan project akan di-build bagian demi bagian secara terpisah.

Suatu aplikasi utuk membakar (burning) ke dalam media CD (Compact Disc) yang notabene adalah made in sendiri, mutlak dibutuhkan file DLL (Dynamic Link Library). Dynamic Link Library atau biasa disingkat dengan DLL adalah library/pustaka yang dapat di-link dari aplikasi executable. Pustaka ini berisi code atau resource atau kombinasi keduanya. DLL hampir sama seperti Aplikasi Windows biasa, akan tetapi tidak bersifat executable, artinya file DLL tidak dapat dijalankan oleh Windows secara langsung dan baru bisa berjalan jika di-link oleh sebuah file executable.

NCTDataCDWriter2.dll adalah sebuah tool yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi Compact Disc Writer. Fungsi yang berada dalam library ini akan memberi keluaran serta masukan tergantung dari kejadian atau event yang terjadi dalam aplikasi yang digunakan dalam Aplikasi Compact Disc Writer

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budicahyanto, D, 2004, Teknik Membakar CD, Andipublisher, Yogyakarta.

Comer, DE, 2000, Computer Networks and Internets 2nd Ed, Prentice Hall International, Toronto.

www.dynamiclink.nl/htmfiles/info_dll/info_n/190.htm

id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic

msdn.microsoft.com/vbasic


Refbacks

  • There are currently no refbacks.