VISUALISASI TEORI OPTIMALISASI BIAYA TRANSPORTASI UNTUK PEMBELAJARAN RISET OPERASI

Agus Sasmito Aribowo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penulis yang sama dengan judul Pengembangan Sarana Pembelajaran Berbantuan Komputer Untuk Teori Optimalisasi Biaya Transportasi. Sarana pembelajaran berbantuan komputer tersebut berwujud sebuah aplikasi perangkat lunak (software). Aplikasi ini dibangun untuk mensimulasikan materi perkuliahan riset operasi, khususnya tentang optimalisasi biaya transportasi sehingga menjadi salah satu alternatif sarana belajar bagi mahasiswa. Aplikasi ini bersifat dinamis, artinya mampu menerima masukan data yang ditentukan sendiri oleh pengguna dan pemecahan permasalahan transportasi bisa ditampilkan secara langkah demi langkah.

Aplikasi hasil penelitian ini merupakan penyempurnaan dari hasil penelitian sebelumnya. Pada penelitian sebelumnya aplikasi hanya mempresentasikan proses perhitungan pada tahap 1 proses optimalisasi yaitu menggunakan metode yaitu Vogel’s Aproximation Method, Minimum Cost Value, dan North West Corner. Pada penelitian kedua  ini telah diterapkan metode lanjutan teknik optimalisasi biaya transportasi yaitu teknik Stepping Stone, sehingga menjadi semakin optimal.

Aplikasi terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian pengisian data lokasi supply dan lokasi demand, pengisian nilai supply dan demand di setiap lokasi supply dan lokasi demand, serta pengsian data biaya transportasi. Data yang telah diisikan akan diolah dengan teknik awal optimalisasi biaya transportasi yaitu salah satu metode Vogel’s Aproximation Method, Minimum Cost Value, atau North West Corner. Optimalisasi lanjutan dengan metode Stepping Stone. Informasi yang dihasilkan dari setiap metode adalah jumlah unit yang harus dikirimkan dari setiap lokasi supply ke lokasi demand tertentu sehingga meminimalkan biaya transportasi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agus Sasmito Aribowo, 2006, Pengembangan Sarana Pembelajaran Berbantuan Komputer Untuk Teori

Optimalisasi Biaya Transportasi, Jurnal Respati, STTI Respati, Yogyakarta.

Ari Suryo Kusumo, 2000, Buku Latihan Microsoft Visual Basic 6.0, PT.Elex Media Komputindo, Jakarta

B. Budiharjo, Komputer dan Masyarakat, Elex Media Komputindo, Jakarta, 1991

Jogiyanto, HM, Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur, Yogyakarta, 1995.

Michael Halvarson, 2000, Microsoft Visual Basic 6.0, Profesional Step By Step, PT.Elex Media Komputindo, Jakarta

Sjartuni Ananta, 2000, Tuntunan Praktis Pemrograman : Dasar-dasar Pemrograman Visual Basic 5.0, April 2000, Cetakan Ketiga, Elex Media Komputindo, Jakarta

Subagyo, Pangestu, dkk, Dasar-Dasar Operations Research, Penerbit BPFE, Yogyakarta, 2000


Refbacks

  • There are currently no refbacks.