KONTROL GERAKAN BUKA TUTUP PINTU UNTUK AKSES SISTEM KEAMANAN MENGGUNAKAN POLA IRIS MATA MANUSIA

Nazrul Effendy, Khoerul Anwar, Ananda Dwi Mahendra, Beta M.G.S

Abstract


Saat ini sistem keamanan konvensional seperti password atau kartu sudah tidak handal lagi karena keamanan sistem dapat ditembus oleh para pihak yang tidak berwenang menggunakan password atau kartu seseorang. Oleh karena itu dikembangkan sistem biometrik yang berdasarkan pada karakteristik alami manusia yaitu karakteristik fisiologis dan karakteristik perilaku seperti wajah, sidik jari, iris mata, retina mata, DNA, tanda tangan, dan suara, dimana sistem tersebut tidak mudah dicuri atau digunakan oleh pihak yang tidak berwenang.

Dalam paper ini akan diusulkan suatu sistem keamanan akses menggunakan pengenalan pola iris mata dengan arsitektur JST yaitu Jaringan Propagasi Balik menggunakan program Matlab. Setelah berhasil dilakukan pengenalan pola iris mata maka dilakukan kontrol yang sesuai, dalam bahasan ini menggunakan mikrokontroler AT Mega 8535 sebagai pemroses data yang masuk untuk mengendalikan otomatisasi buka tutup pintu . Sistem ini dicoba diterapkan dalam sistem keamanan pada pintu masuk sebuah ruangan yang penting dimana hanya orang-orang tertentu saja yang boleh masuk. Sehingga apabila data iris mata sesuai dengan pola, maka pintu ruangan dapat terbuka. Sebaliknya bila pola iris mata tidak dikenali maka pintu tidak akan terbuka. 

References


Biometric Technology Today 1995, vol. 3, SJB Services, Soberest, England.

Daugman, J, 1994, Biometric Personal Identification System Based on Iris Analysis, US patent 5,921,560 Patent and Trademark Office, Washington D.C.

Fahmi, 2007, Perancangan Algoritma Pengolahan Citra Mata Iris Sebagai Bentuk Antara Sistem Biometrik, Departemen Teknik Elektro, Medan

Munir, Rinaldi, 2004, Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik, Informatika Bandung. Bandung

Siang, JJ, 2005, Jaringan Syaraf Tiruan dan Pemrogramannya Menggunakan Matlab, Penerbit ANDI, Yogyakarta

Wardhana Lingga, 2006, Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR Seri ATMega8535 Simulasi, Hardware, dan Aplikasi, Penerbit ANDI, Yogyakarta

http://www.iris-scan.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.