SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERENCANAAN PROMOSI JABATAN HEAD OF DEPARTMENT (HOD)

Luh Made Yulyantari, Sri Mulyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembobotan dan logika fuzzy dalam proses pengambilan keputusan untuk membantu penyeleksian pegawai yang layak untuk dipromosikan dan untuk memilih pegawai yang layak menempati jabatan Head of Department (HOD) pada suatu departemen. Dalam penelitian ini, studi kasus dilakukan di Hotel Sanur Beach Bali yang memiliki jumlah pegawai yang relatif cukup besar sehingga diharapkan dapat mewakili masalah yang ingin diteliti. Salah satu contoh yang akan disorot dalam hal ini adalah cara pemilihan pegawai yang sesuai dengan kriteria yang ada pada posisi Head of Department (HOD).

Penilaian untuk seorang pegawai terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu penilaian kelayakan promosi dengan menggunakan logika fuzzy dalam pemrosesannya dan penilaian kelayakan menjadi Head of Department (HOD) dengan menggunakan metode pembobotan. Seorang pegawai baru bisa dipromosikan setelah dinyatakan layak untuk dipromosikan. Penilaian awal ini dipengaruhi oleh beberapa kiteria penilaian. Pegawai yang telah dinyatakan layak untuk dipromosikan, akan mengikuti proses penilaian berikutnya untuk menentukan kelayakannya menempati jabatan Head of Department (HOD).

Sistem Pendukung Keputusan Perencanaan Promosi Jabatan Head of Department (HOD) memberikan hasil penilaian kelayakan promosi seorang pegawai dan dapat memberikan informasi kelayakan seorang pegawai untuk menempati posisi Head of Department (HOD) berdasarkan kriteria penilaian yang berlaku pada suatu departemen.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Kusumadewi, S. dan Purnomo, H., 2004, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

McLeod, R.Jr., 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jiild 1, Edisi ke-7, Prenhallindo, Jakarta.

Turban, E., Jay, E.A., 2005, Decision Support System and Intelligent System – 7th Ed (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas Jilid 1), Andi Offset, Yogyakarta, hal. 143-144.

Wang, Li-Xin, 1997, A Course In Fuzzy Systems And Control, International Edition, Prentice-Hall Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.