PEREDAMAN OSILASI GETARAN PADA SUATU SISTEM DENGAN PEMODELAN PEGAS-DAMPER MENGGUNAKAN KENDALI LOGIKA FUZZY

Nazrul Effendy, Singgih I Kurniawan, Intan Putri K, Nor Agny Susetyo Utami

Abstract


Osilasi pada sistem yang tidak diharapkan sangat mengganggu terutama untuk efek kenyamanan yang dirasakan oleh manusia. Sistem yang dimodelkan dengan pegas-damper akan mempunyai respon ketika diberi gaya luar. Respon tersebut adalah osilasi dari sistem yang akanĀ  membutuhkan waktu untuk mencapai keadaan steady state. Jika respon steady state bisa dipercepat dengan menghilangkan osilasi dari sistem seoptimal mungkin maka getaran dapat direduksi. Hal ini dapat dilakukan dengan pemilihan bahan yang memiliki koefisien pegas-damper yang sesuai. Tentu saja ini akan membutuhkan cost yang tinggi. Sistem pengendali logika Fuzzy akan mengontrol aktuator yang berupa pegas yang memberikan gaya yang berlawanan dengan pegas pada sistem. Respon pada pegas aktuator didasarkan pada respon output sistem yang dijadikan input Fuzzy Logic Controller dan kemudian mengontrol aktuator sehingga akan mendapatkan respon steady state dengan respon waktu yang diharapkan.


References


Norman S. Nise John wiley & sons, 2004, Control Sistem Engineering, fourth edition, California State Polytechnic University, Pomona.

Paul A. Tipler,1991, Physics for Science and Engineering, worth publisher, Inc.

E. H. Mamdani, "Application of fuzzy algorithms for control of simple dynamic plants," Proc. Inst. Elec. Eng., vol. 121, 1974

Sihana, 2007, Bahan Kuliah Dinamika Sistem, UGM, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.