PENYAJIAN INFORMASI TEMPORAL MENGGUNAKAN METODE FUZZY SYSTEM PADA MESIN DATABASE SPASIAL

Suhendar Suhendar

Abstract


Selain pengelolaan basis data kuantitatif yang sangat kompleks, terdapat tiga aspek penting yang perlu diselesaikan melalui penelitian ini terkait dengan permasalahan penyajian informasi kependidikan di Kota Bekasi, Pertama belum tersedianya sistem yang bermanfaat sebagai pengelola informasi kondisi dan potensi kependidikan yang lengkap, valid dan termutakhirkan. Kedua belum tersedianya sistem yang bermanfaat sebagai metode dalam membantu menyederhanakan proses pengambilan keputusan. Ketiga belum tersedianya sistem yang bermanfaat sebagai penyaji yang mengintegrasikan antara informasi temporal (per-tahun ajaran) dan spasial (sebaran objek sekolah di masing-masing wilayah). Oleh karena itu, pendekatan fuzzy system yang diimplementasikan ke dalam sistem berbasis komputer diharapkan akan mampu membantu menyelesaikan dan mengatasi permasalahan tersebut dalam cara yang berbeda tetapi mudah dipahami.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model sistem  yang dikembangkan menggunakan pendekatan fuzzy mampu menganalisa dan menyajikan informasi aktual profil pendidikan di kota Bekasi. Prototipe sistem yang dikembangkan dapat memudahkan untuk melakukan pemanipulasian data serta penelusuran informasi, didukung oleh basis data fuzzy dan informasi spasial, sistem yang dikembangkan dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk menyederhanakan proses pengambilan keputusan berbasis data fuzzy menggunakan metode fuzzy system pada mesin database spasial berbasis bahasa pemrograman delphi, melalui sistem ini para pengambil kebijakan difasilitasi sehingga dengan mudah dapat menentukan, merubah, dan menambah aturan-aturan sebagai bentuk rekomendasi yang harus dilakukan dalam rangka perencanaan dan pengembangan pengelolaan pendidikan dalam bentuk informasi temporal (per-tahun ajaran) dan spasial (peta lokasi masing-masing sekolah). Melalui sistem ini, informasi akan selalu mengalami perubahan (diperbaharui) secara otomatis setiap periode tahun tertentu sesuai dengan entri data, situasi dan kondisi masing-masing sekolah.

References


Aniati, Murni, 2003, Geographic Information and Spatial Information, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia

Bellacio. A., 1996, Fuzzy Logic in The Analysis of spatial Data In: Sistema Terra:Remote Sensing and the Earth, December 1996, Rome.

Bhikku, Huimin, et.all, 2003, A Design of Spatial-Temporal Information System in Biograhies of Chinese Buddhist Eminent Monks, Buddhist Studies, Taiwan.

Bezdek, B & C. James, 1993, Fuzzy Model – What Are They, and Why?, IEEE Transsaction on Fuzzy System, Vol 1.

BPS Bekasi, 2004, Bekasi Dalam Angka, Bekasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.